PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DALAM PENGENALAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK ( Studi Deskriptif di PAUD Alam Ar-Ridho Semarang)


Kholidatul Khayya, 1601414115 (2020) PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DALAM PENGENALAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK ( Studi Deskriptif di PAUD Alam Ar-Ridho Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DALAM PENGENALAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK ( Studi Deskriptif di PAUD Alam Ar-Ridho Semarang)]
Preview
PDF (PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DALAM PENGENALAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK ( Studi Deskriptif di PAUD Alam Ar-Ridho Semarang)) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pendidikan yang memliki peran sangat penting di sekolah. Melalui pembelajaran, diketahui bagaimana sekolah menyusun rencana pembelajaran bagi anak untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak. Atas dasar itulah penelitian ini di fokuskan pada penyelenggaraan pembelajaran di PAUD Alam Ar-Ridho. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyelenggaraan pembelajaran PAUD berbasis alam di PAUD Alam Ar-Ridho Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang menjadi sumber data adalah : kepala sekolah, guru, orangtua murid. Dengan teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis penyelenggaraan pembelajaran berbasis alam meliputi perencanaan menyusun lesson plan dari spider web, weekly, dan daily beserta lembar kerja anak. Pengembangan tema dan indikator sesuai dengan sekolah alam, sub tema yang di gunakan langsung mengenalkan anak pada subjek di alam. Alam sebagai green lab, pelaksanaan pembelajaran di sekolah alam bisa dilakukakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Evaluasi pembelajaran dilakukan setahun sekali oleh kepala sekolah dan guru dengan melihat visi dan misi sekolah alam tersebut. keterlibatan guru dan orangtua murid dalam pelaksanaan pembelajaran sudah terlihat denagn diundangnya murid saat pergantian tema juga tentang komunikasi perkembangan anak. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut penyelenggaraan pembelajaran berbasis alam di PAUD Alam Ar-ridho Semarng meliputi perencanaan menyusun lesson plan, weekly, daily beserta lembar kerja anak. Pengorganisasian pemilihan dan pengembangan tema serta indikator yang sesuai dengan sekolah alam serta sub tema yang digunakan langsung mengenalkan anak pada subjek di alam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembalajaran, Berbasis Alam, Kecerdasan Naturalis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:09
Last Modified: 03 Nov 2020 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40858

Actions (login required)

View Item View Item