KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP


YENY SUKMA DIAN PUSPITASARI, 0105512078 (2018) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK  TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Puspitasari, S. D. Y. 2018. Keefektifan Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Tesis, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang . Pembimbing I: Prof. Dr. Sugiyo, M.Si, pembimbing II: Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd.,Kons Kata kunci : kemandirian belajar, konseling kelompok, self management Kemandirian belajar adalah segala sesuatu yang dirasakan, dipikirkan dan keputusan yang diambil berdasarkan pada diri sendiri dan dapat dipertanggungjawabkan, ketika menghadapai masalah belajar dapat mengatasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui kondisi objektif kemandirian belajar siswa di SMP N 1 Balerejo Kab. Madiun. (2) Mengetahui tingkat keefektifan konseling kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMP N 1 Balerejo Kab. Madiun. Penelitian ini menggunakan one group posttest design yaitu terdiri satu kelompok yang mempunyai kemandirian belajar rendah kemudian diberikan treatmen berupa konseling kelompok dengan teknik self management. Pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik self management ini melibatkan 7 siswa SMP N 1 Balerejo Kabupaten Madiun yang memiliki kemandirian belajar rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa sebelum diberikan konseling kelompok teknik self management rata-rata kemandirian belajar sebesar 107,71 dengan SD 8,51, kemudian terjadi peningkatan setelah konseling kelompok sebesar 136,86 dengan SD 9,02. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan konseling kelompok teknik self management efektif untuk meningkatkan kemandirian siswa SMP (t(6)=13,743, p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik self management efektif meningkatkan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil saran penelitian ini ditujukan kepada (1) Konselor sekolah diharapkan untuk terus mengembangkan kompetensi yang dimilikinya khususnya dalam memberikan konseling kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP (2) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan konseling kelompok teknik self management tetapi dengan masalah, pendekatan dan subyek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kemandirian belajar, konseling kelompok, self management
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:14
Last Modified: 03 Nov 2020 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40857

Actions (login required)

View Item View Item