PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN MENANAM BIBIT TANAMAN SAYUR UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA GENTING CEPOGO BOYOLALI


Rizki Nurwati, 1601413016 (2020) PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN MENANAM BIBIT TANAMAN SAYUR UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA GENTING CEPOGO BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN MENANAM BIBIT TANAMAN SAYUR UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA GENTING CEPOGO BOYOLALI]
Preview
PDF (PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN MENANAM BIBIT TANAMAN SAYUR UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA GENTING CEPOGO BOYOLALI) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan naturalis adalah kecerdasan yang memiliki kemampuan untuk memahami lingkungan sekitar (flora, fauna, bunga, pohon, hewan dan lainnya) memahami dampak alam terhadap diri sendiri. Kecerdasan naturalis adalah kecerdasan yang mengenali dan mengkalrifikasikan flora dan fauda serta menikmati persekutuan dengan alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis dan untuk mengetahui efektifivitas kegiatan menanam bibit tanaman sayur di Tk Permata Genting Cepogo Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah anak-anak yang bersekolah di TK Permata Genting Permata Cepogo Boyolali Kelompok B yang seluruhnya berjumlah 31 anak dengan rentang usia 5 sampai 6 tahun. Sampel penelitian ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu anak-anak yang bersekolah di TK Permata Genting Permata Cepogo Boyolali Kelompok B yang berjumlah 31 anak dengan rentang usia 5 sampai 6 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes berupa angket. Indikator efektifitas kegiatan menanam bibit tanaman sayur untuk meningkatkan kecerdasan naturalis adalah 1) uji t berbeda dan lebih baik, dan 2) hasil uji N-Gain berbeda dan lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t nilai Sig 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka artinya nilai posttest berbeda dan lebih baik dibandingkan nilai pretest. Uji N-Gain pada kategori sedang (100%). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan menanam bibit tanaman sayur untuk meningkatkan kecerdasan naturalis efektif diterapkan pada anak di TK Permata Genting Cepogo Boyolali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan naturalis, kegiatan menanam, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:05
Last Modified: 03 Nov 2020 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40856

Actions (login required)

View Item View Item