PENGARUH TIPE ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KREDIBILITAS SUMBER VIDEO ULASAN BEAUTY VLOGGER


Clara Shinta Laksmitha Dewi, 1511416001 (2020) PENGARUH TIPE ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KREDIBILITAS SUMBER VIDEO ULASAN BEAUTY VLOGGER. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH TIPE ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KREDIBILITAS SUMBER VIDEO ULASAN BEAUTY VLOGGER]
Preview
PDF (PENGARUH TIPE ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KREDIBILITAS SUMBER VIDEO ULASAN BEAUTY VLOGGER) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Derajat dipercaya atau tidaknya beauty vlogger sebagai sumber informasi menjadi sangat penting untuk menjadi pembeda antara satu dengan yang lainnya. Pada saat ini pertukaran informasi tidak hanya sebatas kegiatan sosial antar individu namun dapat menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang. Derajat penilaian inilah yang disebut dengan kredibilitas sumber. Menurut Cangara (2018:109) kredibilitas sumber merupakan separangkat penilaian dari audiens terhadap komunikator mengenai kekuatan pesan sehingga diterima dan diikuti oleh khalayak. Penilaian audiens yang juga sebagai calon konsumen produk terhadap sumber informasi tidak lain karena adanya pengaruh dari electronic word of mouth. Dilihat dari latar belakang munculnya sumber informasi melakukan electronic word of mouth ada 2 yaitu : organic E-Wom dan amplified E-Wom. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh perbedaan tipe electronic word of mouth terhadap kredibilitas sumber video ulasan beauty vlogger setelah diberikannya perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode quasi eksperimental design dengan bentuk desain bergilir atau counterbalanced design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 subjek yang merupakan subscriber dari salah satu atau lebih beauty vlogger dan minimal pernah menonton videonya sebanyak 3 kali. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling non-random sampling. Data penelitian diambil menggunakan 1 skala kredibilitas sumber yang dapat mengukur 2 perbedaan dimunculkan dalam perlakuan dengan adanya cek manipulasi. Jumlah item pada skala kredibilitas sumber tipe organic 35 item dan skala kredibilitas sumber tipe amplified 33 item. Metode analisis yang digunakan sign rank test wilcoxson. Berdasarkan metode analisis data diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima yaitu ada perbedaan kredibilitas sumber ditinjau dari tipe electronic word of mouth.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: electronic word of mouth, kredibilitas sumber, konsumen
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:44
Last Modified: 03 Nov 2020 02:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40846

Actions (login required)

View Item View Item