PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN TEKNIK TRANSFORMASI CERITA PENDEK BERMUATAN NILAI GOTONG ROYONG UNTUK PESERTA DIDIK SMP


Arini Nurfitriani, 2101416037 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN TEKNIK TRANSFORMASI CERITA PENDEK BERMUATAN NILAI GOTONG ROYONG UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN TEKNIK TRANSFORMASI CERITA PENDEK BERMUATAN NILAI GOTONG ROYONG UNTUK PESERTA DIDIK SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN TEKNIK TRANSFORMASI CERITA PENDEK BERMUATAN NILAI GOTONG ROYONG UNTUK PESERTA DIDIK SMP) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis naskah drama di SMP masih memerlukan materi pendamping buku teks berupa buku pengayaan. Melalui buku pengayaan, peserta didik diharapkan menguasai teori menulis naskah drama dan terampil menulis naskah drama. Langkah menulis naskah drama dalam buku pengayaan menggunakan teknik tranformasi cerita pendek. Selain itu, buku pengayaan dimuati nilai gotong royong guna meningkatkan kepribadian peserta didik. Tujuan penelitian meliputi (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan buku pengayaan menulis naskah drama, (2) menjelaskan kriteria pengembangan buku pengayaan menulis naskah drama, (3) mendeskripsikan prototipe buku pengayaan menulis naskah drama, (4) mendeskripsikan hasil validasi prototipe buku pengayan menulis naskah drama, dan (5) menjelaskan hasil perbaikan produk buku pengayaan menulis naskah drama. Penelitian ini menggunakan desain penelitian research and development yang dikembangkan oleh Sugiyono, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Penelitian ini menggunakan teknik kuisioner untuk mengumpulkan data kebutuhan dan data validasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian meliputi (1) pendidikdan dan peserta didik membutuhkan buku pengayaan menulis naskah drama sebagai alternatif sumber materi, kriteria buku yang diharapkan adalah mudah dipelajari dan disertai contoh; (2) kriteria pengembangan buku pengayaan meliputi aspek materi, penyajian, bahasa, dan grafika. (3) prototipe buku terdiri atas beberapa bagian, yaitu bentuk fisik buku, sampul buku, bagian awal buku, bagian isi buku, dan bagan akhir buku; (4) presetase nilai aspek materi buku adalah 86%, aspek penyajian 83,3%, aspek bahasa 89,5%, aspek grafika 80%, dan kelengkapan buku 90,2%. Dengan demikian rata- rata hasil nilai adalah 86,3% yang termasuk dalam kriteria sangat layak; (5) perbaikan prototipe buku pengayaan menulis naskah drama dilakukan pada aspek materi, penyajian, bahasa, dan grafika. Saran kepada pendidik dan peserta didik adalah untuk menggunakan buku pengayaan menulis naskah drama yang dikembangkan sebagai sumber belajar menulis naskah drama dan peneliti bidang bahasa Indonesia perlu melakukan penelitian lanjutan guna menguji keefektivan buku pengayaan ini

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, naskah drama, teknik transformasi cerita pendek, nilai gotong royong
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:42
Last Modified: 03 Nov 2020 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40844

Actions (login required)

View Item View Item