PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP MINAT MELAMAR PEKERJAAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


M. Luthfan Latansa, 1511413086 (2020) PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP MINAT MELAMAR PEKERJAAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP MINAT MELAMAR PEKERJAAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP MINAT MELAMAR PEKERJAAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Setelah menempuh pendidikan di perguruan tinggi para mahasiswa berharap bisa mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan. Minat melamar pekerjaan para mahasiswa semakin tinggi untuk bekerja di sebuah perusahaan. Banyaknya lulusan perguruan tinggi merupakan salah satu keuntungan bagi perusahaan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Reputasi perusahaan merupakan salah satu aspek yang penting bagi perusahaan untuk mendapatkan calon kandidat sebanyak-banyaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh reputasi perusahaan terhadap minat melamar pekerjaan pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 252 subjek, dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Data penelitian reputasi perusahaan diambil menggunakan skala reputasi perusahaan yang terdiri dari 35 aitem valid, dengan nilai validitas bergerak di 0.000, serta koefisien reliabilitas 0.934. Sedangkan data penelitian minat melamar pekerjaan diambil menggunakan skala minat melamar pekerjaan yang terdiri dari 20 aitem valid, dengan nilai validitas bergerak di 0.000, serta koefisien reliabilitas 0.810. Hasil uji validitas pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Regresi. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p<0.05). Sehingga hipotesis yang berbunyi “Ada Pengaruh Reputasi Perusahaan Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang” diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat melamar pekerjaan pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang dipengaruhi oleh reputasi perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Reputasi Perusahaan, Minat Melamar Pekerjaan, Mahasiswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:32
Last Modified: 03 Nov 2020 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40841

Actions (login required)

View Item View Item