PENGARUH SARANAPRASARANA DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS HASANNUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL
Azizah Rachmawati, 1401416493 (2020) PENGARUH SARANAPRASARANA DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS HASANNUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH SARANAPRASARANA DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS HASANNUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan belajar siswa dapat ditinjau dari hasil belajar yang telah diperoleh oleh siswa setelah mengikuti suatu pendidikan. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu sarana prasarana dan kedisiplinan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana dan kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD se-Gugus Hasannudin Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD se-Gugus Hasannudin Kecamatan Margadana Kota Tegal yang berjumlah 174 siswa dengan sampel 121 siswa. Metode analisis data pada penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, serta analisis akhir yang terdiri dari uji korelasi sederhana, uji regresi sederhana, uji korelasi berganda, uji regresi berganda, koefisien determinan, dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil uji hipotesis pengaruh sarana prasarana terhadap hasil belajar Matematika menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel (5,791 ≥ 1,980), bearti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel (6,931 ≥ 1,980), bearti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh sarana prasarana dan kedisiplinan terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa Fhitung ≥ Ftabel (28,292 ≥ 3,074), maka H03 ditolak. Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Matematika sebesar 22%. Kedisiplinan berpengaruh positif positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 28,8%. Sarana prasarana dan kedisiplinan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar Matematika sebesar 32,4%. Saran, sebaiknya guru memanfaatkan sarana prasarana yang terdapat di sekolah dan mempertegas aturan yang terdapat di sekolah agar siswa menjadi lebih disiplin dalam mengerjakan tugas dan dalam berperilaku.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Kedisiplinan, Sarana Prasarana |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 02:28 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 02:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40839 |
Actions (login required)
View Item |