PENGEMBANGAN SOAL URAIAN BERSTRUKTUR MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA NEGERI 2 PURWOREJO


Ma’rifatul Illa, 4201416060 (2020) PENGEMBANGAN SOAL URAIAN BERSTRUKTUR MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA NEGERI 2 PURWOREJO. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4201416060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Siswa disebuah lembaga sekolah dituntut tidak hanya memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah, namun sampai pada berpikir tingkat tinggi. Diperlukan sebuah alat ukur untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, salah satunya tes uraian berstruktur. Tes uraian berstruktur dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan membantu siswa agar lebih sistematis dalam menjawab pertanyaan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development yang menghasilkan produk soal uraian berstruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakter soal uraian berstruktur yang valid untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan mengukur tingkat keefektifan soal uraian berstruktur pada materi gelombang bunyiyang dikembangkan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Purworejo. Uji kelayakan dilakukan dengan memberikan angket kelayakan produk kepada ahli dan siswa. Uji keefektifan produk dilakukan dengan menghitung korelasi antara nilai ulangan harian siswa pada materi gelombang bunyi dengan menggunakan soal tidak berstruktur dan nilai siswa dengan menggunakan soal uraian berstruktur. Hasil uji kelayakan soal uraian berstruktur menurut ahli adalah sebesar 87,65%, sehingga produk termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji keefektifan menunjukkan koefisien korelasi nilai ulangan harian siswa dengan menggunakan soal uraian tidak berstruktur dan nilai siswa menggunakan soal uraian berstruktursebesar 88,9% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa soal uraian berstruktur materi gelombang bunyi yang dikembangkan merupakan sebuah alat ukur yang valid dan efektif dalam mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Soal Uraian Berstruktur, Gelombang Bunyi, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:27
Last Modified: 03 Nov 2020 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40837

Actions (login required)

View Item View Item