KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTU MEDIA CD INTERAKTIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUMAYUN 01 KABUPATEN TEGAL


Atika Nur Indah, 1401416470 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTU MEDIA CD INTERAKTIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUMAYUN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTU MEDIA CD INTERAKTIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUMAYUN 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTU MEDIA CD INTERAKTIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUMAYUN 01 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Faktor kurang maksimalnya proses pembelajaran matematika adalah guru kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran, sehingga peserta didik merasa jenuh dan kurangnya tingkat kemampuan pemecahan masalah dalam mengikuti pembelajaran. Model problem solving berbantu media CD interaktif, menjadikan pembelajaran lebih aktif dan peserta didik lebih berfikir kritis dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar peserta didik kelas V antara yang menggunakan model problem solving berbantu media CD interaktif dengan model konvensional, untuk membuktikan keefektifan penerapan model problem solving berbantu media CD interaktif dengan model konvensional ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V materi pengolahan data. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN Gumayun 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara yang menggunakan model problem solving berbantu media CD interaktif dengan yang menggunakan model konvensional. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (2,443 > 2,013) dan nilai sig. ˂ 0,05 (0,018 < 0,05); (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan model problem solving berbantu media CD interaktif dengan yang menggunakan model konvensional. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (3,810 > 2,013) dan nilai sig. ˂ 0,05 (0,000 < 0,05); (3) model problem solving berbantu media CD interaktif efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (4,034 > 1,714) dan nilai sig. ˂ 0,05 (0,001 < 0,05); (4) model problem solving berbantu media CD interaktif efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (6,051 > 1,714) dan nilai sig. ˂ 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik; Media CD Interaktif; Model Problem Solving
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:23
Last Modified: 03 Nov 2020 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40836

Actions (login required)

View Item View Item