MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI DI SD NEGERI 01 KEBONDALEM KABUPATEN PEMALANG


Tri Astuti, 1401416447 (2020) MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI DI SD NEGERI 01 KEBONDALEM KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI DI SD NEGERI 01 KEBONDALEM KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI DI SD NEGERI 01 KEBONDALEM KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pendidikan berlangsung dari manusia hidup sampai kehidupannya berakhir melalui proses sederhana dan terencana. Keberhasilan proses pendidikan dapat dilihat dari perkembangan proses pembelajaran. Pembelajaran dapat dilaksanakan melalui dua kegiatan yaitu intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Pembelajaran intrakurikuler diajarkan sesuai dengan amanat kurikulum 2013 sedangkan pembelajaran ekstrakurikuler dilaksanakan di luar jam pelajaran sesuai dengan usia, bakat, minat, dan kebutuhan sekolah. Pembelajaran seni tari dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui karakter yang tumbuh pada peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar tari di dalam kelas dan di luar kelas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus tunggal. Dipilihnya pendekatan kualitatif dalam penelitian ini karena tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni tari melalui pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler dengan tujuan untuk mengetahui karakter yang tumbuh pada peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dipopulerkan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Pembelajaran intrakurikuler diajarkan oleh guru kelas sesuai dengan amanat kurikulum 2013 sedangkan pembelajaran ekstrakurikuler diajarkan oleh guru tari. Proses pembelajaran diawali dengan kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Pembelajaran ekstrakurikuler fokus pada pelatihan lomba yang dilatih oleh guru tari dengan dibantu asisten, pemilik, dan mantan pemilik Sanggar Seni Kaloka. Penilaian intrakurikuler secara teori dan praktek. Secara teori melalui ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Sedangkan ekstrakurikuler seni tari penilaian dilaksanakan dengan mempertimbangkan unsur wiraga, wirama, wirasa. Karakter yang muncul pada peserta didik adalah santun, ramah tamah, subasita, dan memiliki unggah-ungguh yang baik, kemudian karakter yang tumbuh dan berkembang adalah karakter percaya diri, dan berani. Pembelajaran seni tari terdiri dari kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Karakter peserta didik tumbuh dan berkembang setelah peserta didik mengikuti pembelajaran seni tari dan kegiatan perlombaan seni tari. Saran yang diberikan dari hasil penelitian ini adalah guru sebaiknya mempersiapkan pemanasan sebelum kegiatan dimulai, guru sebaiknya membuat penilaian yang paten berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Guru kelas sebaiknya mempunyai keterampilan menyampaikan gerakan tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Intrakurikuler, Karakter, Seni Tari.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:20
Last Modified: 03 Nov 2020 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40833

Actions (login required)

View Item View Item