HUBUNGAN ANTARA EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V SDN GUGUS MAWARDHI KECAMATAN KALIWUNGU


Estri Dwi Senjani, 1401416461 (2020) HUBUNGAN ANTARA EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V SDN GUGUS MAWARDHI KECAMATAN KALIWUNGU. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416461.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Membentuk karakter disiplin siswa bukan hanya tanggung jawab dari salah satu pihak melainkan berbagai pihak sebagai faktor pembentuk baik secara intern maupun ekstern. Orang tua merupakan pendidik utama bagi seorang anak dan sekolah merupakan faktor pendukung untuk membentuk karakter disiplin pada seorang anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan yang positif serta signifikan antara ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan dan pola asuh orang tua dengan pembentukan karakter disiplin siswa kelas V SD N Gugus Mawardhi Kecamatan Kaliwugu. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan dan pola asuh orang tua merupakan variabel bebas dan pembentukan karakter disiplin siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berujumlah 244 siswa, dan sampel sebanyak 120 siswa menggunakan teknik cluster sampling. Untuk mengumpulkan data ketiga variabel menggunakan teknik pengumpulan data angket. Dengan bantuan Microsoft Excel untuk menghitung jumlah soal valid dengan masing-masing memliki 40 butir soal, pada angket ekstarkurikuler pendidikan kepramukaan terdapat 32 soal valid, pada angket pola asuh orang tua soal terdapat 31 soal valid, dan pada angket pembentukan karakter disiplin siswa terdapat 34 soal valid. Ketiga angket tersebut telah dinyatakan reliabel dengan diuji menggunakan SPSS 22. Analisis uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif dan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara ekstakurikuler pendidikan kepramukaan dengan pembentukan karakter disiplin siswa dengan rhitung (0,529) lebih besar dari rtabel (0,179). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan pembentukan karakter disiplin siswa dengan rhitung (0,637) lebih besar dari rtabel (0,179). (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara ekstakurikuler pendidikan kepramukaan dan pola asuh orang tua dengan pembentukan karakter disiplin siswa dengan rhitung (0,677) lebih besar dari rtabel (0,179). Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif serta signifikan anatara pendidikan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan dan pola asuh orang tua dengan pembentukan karakter disiplin siswa kelas V SD N Gugus Mawardhi Kecamatan Kaliwungu. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya pihak sekolah, guru dan orang tua lebih memperhatikan tumbuh kembang anak dan lebih memperhatikan anak baik di rumah maupun di sekolah untuk hasil yang maksimal terkait dengan pembentukan karakter disiplin anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler kepramukaan, pola asuh orang tua, karakter disiplin
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:20
Last Modified: 03 Nov 2020 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40830

Actions (login required)

View Item View Item