PENGARUH KETERAMPILAN SOSIAL DAN LITERASI INFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL
Fajar Dwiyanto, 1401416429 (2020) PENGARUH KETERAMPILAN SOSIAL DAN LITERASI INFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH KETERAMPILAN SOSIAL DAN LITERASI INFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Hasil belajar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya keterampilan sosial dan literasi informasi. Siswa yang memiliki keterampilan sosial yang baik akan mempengaruhi hasil belajar yang mereka peroleh, begitu pula siswa yang memiliki literasi informasi yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh keterampilan sosial terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal 2019/2020, menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh literasi informasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal 2019/2020, dan menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh keterampilan sosial dan literasi informasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal yang berjumlah 203 siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 135 siswa. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, serta analisis akhir yang terdiri dari uji korelasi sederhana, uji regresi sederhana, uji korelasi berganda, uji regresi berganda, koefisien determinan, dan uji koefisien regresi secara bersama-sama. Hasil uji hipotesis pengaruh keterampilan sosial terhadap hasil belajar IPS menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel atau 5,147 > 1.978, berarti Ho1 ditolak. Hasil uji hipotesis literasi informasi terhadap hasil belajar IPS menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel (5,238 > 1,978), yang artinya H02 ditolak. Keterampilan sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 16,6%. Literasi informasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 17,1%. Keterampilan sosial dan literasi informasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS sebesar 23,7%, dan sisanya sebesar 76,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Guru sebaiknya lebih meningkatkan keterampilan sosial pada siswa dengan menanamkan nilai moral dan kepekaan sosial dalam pembelajaran, guru juga harus meningkatkan kemampuan literasi informasi siswa dengan membiasakan membaca serta memberikan ruang bagi siswa untuk menggali dan mengembangkan informasi yang diperolehnya sendiri.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Keterampilan Sosial, Literasi Informasi. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 02:14 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 02:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40828 |
Actions (login required)
View Item |