KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK BERBASIS CIRCUIT TRAINING TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS IV SDN GUGUS MERPATI KECAMATAN JEPARA


Amilia Putri Widyowati, 1401416178 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK BERBASIS CIRCUIT TRAINING TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS IV SDN GUGUS MERPATI KECAMATAN JEPARA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416178.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Jasmani yang diajarkan di sekolah mampu membuat kebugaran jasmani baik atau kondisi fisik yang baik sehingga akan mempertinggi kemampuan dan kemauan belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru olahraga SDN Gugus Merpati Kecamatan Jepara diketahui bahwa belum pernah dilakukan tes tentang pengukuran tingkat kebugaran jasmani pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran atletik berbasis circuit training terhadap kebugaran jasmani siswa kelas IV SDN Gugus Merpati Kecamatan Jepara. Desain penelitian menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Merpati Kecamatan Jepara yang terdiri dari 9 SDN, pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling, terdiri dari siswa SDN Panggang 6 sebagai kelas eksperimen dan siswa SDN Panggang 9 sebagai kelas kontrol. Variabel terikatnya adalah kebugaran jasmani. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran atletik berbasis circuit training dan model pembelajaran taktis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran atletik berbasis circuit training pada kelas eksperimen lebih efektif daripada model pembelajaran taktis pada kelas kontrol dengan kesamaan dua rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol ditolak sehingga didapatkan rata-rata kebugaran jasmani kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan n-gain kelas eksperimen (0,5672) > kelas kontrol (0,4167). Simpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran atletik berbasis circuit training lebih efektif daripada kelas kontrol terhadap kebugaran jasmani siswa kelas IV SDN Gugus Merpati Kecamatan Jepara. Saran penelitian yaitu pengunaan model pembelajaran tertentu dalam pembelajaran PJOK sebaiknya perlu dimodifikasi sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna untuk siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan serta membuat siswa tidak merasa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran PJOK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran atletik; circuit training; kebugaran jasmani.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:14
Last Modified: 03 Nov 2020 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40827

Actions (login required)

View Item View Item