KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS TAMANSARI KEBUMEN


TYAS RIMA SAFITRI, 1401416427 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS TAMANSARI KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS TAMANSARI KEBUMEN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS TAMANSARI KEBUMEN) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N Gugus Tamansari yang belum optimal. Menurut mereka pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model contextual teaching and learning berbantuan media papan berpaku terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD N Gugus Tamansari Kebumen. Desain penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Gugus Tamansari Kebumen yang terdiri dari 5 SD, pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling, terdiri dari siswa SD N 4 Tamanwinangun sebagai kelas Eksperimen dan siswa SD N 3 Tamanwinangun sebagai kelas kontrol. Variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Variabel bebasnya adalah model CTL berbantuan media papan berpaku dan model pembelajaran langsung dengan media gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan yang pertama ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen mencapai 75% dihitung menggunakan uji ketuntasan hasil belajar (uji z), kedua uji kesamaan dua rata-rata (uji t) dengan hasil thitung (4,0567) > ttabel (1,6765) yang artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol, ketiga uji N-gain dengan hasil nilainya = 0,6529 yang artinya peningkatan rata-ratanya memiliki kategori sedang. Simpulan penelitian berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL berbantuan media papan berpaku lebih efektif daripada model pembelajaran langsung dengan media gambar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N Gugus Tamansari Kebumen. Saran penelitian ini yaitu sekolah harus memberikan fasilitas yang mendukung seperti media pembelajaran sehingga dapat menambah motivasi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL; Matematika; Papan berpaku
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:12
Last Modified: 03 Nov 2020 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40826

Actions (login required)

View Item View Item