KEEFEKTIFAN APLIKASI SPEAKY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA MATERI INTRODUCTION UNTUK KELAS X SMA NEGERI 15 SEMARANG


Verian Edo Ananto, 1102414103 (2020) KEEFEKTIFAN APLIKASI SPEAKY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA MATERI INTRODUCTION UNTUK KELAS X SMA NEGERI 15 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1102414103.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model speaky pada pembelajaran bahasa Inggris materi Introduction untuk kelas X. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pesera didik SMA Negeri 15 Semarang, sedangkan sampel dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPA 6 sebagai kelas Eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes berupa tes materi introduction dan teknik non tes berupa hasil observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari analisis data yang diperoleh menunjukan bahwa hasil uji t menunjukan harga thitung > ttabel yaitu thitung=3,3669 sedangkan ttabel dengan dk=64 pada taraf signifikan 1%=2,6548, karena thitung > ttabel yaitu 3,3669<2,6548. hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Aplikasi Speaky efektif dalam pembelajaran Bahasa Inggris materi Introduction pada pesera didik kelas X SMA Negeri 15 Semarang” dapat diterima dan data signifikan. Niali rata-rata pembelajaran bahasa inggris pada materi introduction menggunakan aplikasi speaky mengalami peningkatan. Nilai yang diperoleh kelas kontrol yaitu nilai tertinggi 93, nilai terendah 50 dan rata-rata nilai 71.84, sedangkan nilai yang diperoleh kelas eksperiment nilai tertinggi 93, nilai terendah 60 dan rata-rata 82.57. Peningkatan hasil belajar materi introduction menggunakan aplikasi speaky dikarenakan pada pengaplikasianna peserta didik langsung mempraktekan bahsa inggris dengan penutur asli sehingga peserta didik dapat mengetahui titik kesalahan dalam pengucapan maupun penulisan. Dibandingakan dengan pembelajaran kontekstual yang dilakukan guru sebelumnya kosa kata yang di peroleh peserta didik lebih terbatas dan monoton sehingga peserta didik kurang berkembang. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah pendidik lebih kreatif dalammengembangkan media pembelajaran yang sesuai materi yang akan diajarkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang efektif di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Speaky, Pembelajaran Bahasa Inggris, Introduction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:11
Last Modified: 03 Nov 2020 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40825

Actions (login required)

View Item View Item