IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI SE KABUPATEN TEGAL


Dedi Riyanti , 4401403025 (2010) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI SE KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI SE KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI SE KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Pelaksanaan KTSP memberikan peluang bagi sekolah untuk mengembangkan program pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing sekolah. Namun demikian dalam pelaksanaannya guru mengalami kendala-kendala dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan KTSP pada SMP Negeri di Kabupaten Tegal. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada pemelajaran biologi di SMP Negeri se Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru biologi di Kabupaten Tegal sebanyak 43 orang, dg sampel berjumlah 12 orang. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada pembelajaran biologi di SMP Negeri se Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, kuesioner, wawancara dan observasi. Analisis data hasil penelitian menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan silabus tidak mengalami hambatan yang berarti karena dalam penyusunannya dikerjakan secara bersama-sama dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Dalam pembelajaran guru telah menerapkan berbagai metode, sumber belajar serta media yang variatif. Evaluasi hasil belajar dilakukan guru melalui Penilaian Berbasis Kelas (PBK) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam aspek penguasaan konsep dan penerapan konsep. Namun demikian, guu masih mengalami kesulitan dalam penilaian kinerja siswa dan memberikan penugasan yang berkaitan dengan life skill siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan KTSP pada pembelajaran biologi di SMP Negeri se Kabupaten Tegal berjalan dengan baik. Saran yang dapat disumbangkan adalah guru hendaknya dapat mengembangkan kreatifitas sendiri dalam menyusun silabus dengan menyesuaikan kondisi dan potensi sekolah, lebih inovatif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: KTSP, Pembelajaran Biologi, kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2011 03:01
Last Modified: 25 Apr 2015 05:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4082

Actions (login required)

View Item View Item