KEEFEKTIFAN MEDIA ANIMASI DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 PEDURUNGAN KABUPATEN PEMALANG
Rizky Poni Tisanti, 1401416403 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA ANIMASI DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 PEDURUNGAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA ANIMASI DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 PEDURUNGAN KABUPATEN PEMALANG)
- Published Version
Download (20MB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran matematika. Dengan menggunakan media animasi, pesan yang disampaikan akan lebih menarik perhatian siswa, sehingga akan timbul rangsangan belajar. Dengan demikian media animasi dapat mendorong siswa untuk aktif dan meningkatkan minat dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini, yaitu menguji keefektifan media animasi ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika materi jaring-jaring kubus dan balok siswa kelas V SD Negeri 03 Pedurungan Kabupaten Pemalang. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Pedurungan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 54 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA dan VB. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen, uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Negeri 04 Banjaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Independent Samples T Test dan One Sampe T Test. Berdasarkan hasil analisis data untuk uji hipotesis perbedaan minat belajar menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau –thitung < -ttabel (2,109 > 2,00665 atau -2,109 < -2,00665), dan signifikansi ≤ 0,05 (0,040 < 0,05), dan uji hipotesis hasil belajar menunjukkan 2,356 > 2,00665 atau -2,356 < -2,00665, dan signifikansi ≤ 0,05 (0,022 < 0,05). Hasil uji hipotesis minat belajar menggunakan one sample t-test menunjukkann bahwa thitung > ttabel (3,023 > 1,70329) dan signifikansi ≤ 0,05 (0,005 < 0,05), dan hasil uji hipotesis hasil belajar menunjukkan (3,720 > 1,70329) dan signifikansi ≤ 0,05 (0,001 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media animasi efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 03 Pedurungan Kabupaten Pemalang. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan media animasi karena terbukti efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika materi jaring-jaring kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Animasi, Minat Belajar, Matematika. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 02:01 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 02:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40819 |
Actions (login required)
View Item |