PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL


Livia Oktaviani Wijaya, 1401416397 (2020) PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu alat ukur guna mengetahui tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan pendidikan. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah sumber belajar dan minat baca. Sumber belajar yang bervariasi akan menimbulkan ketertarikan bagi peserta didik sehingga peserta didik akan lebih fokus mengikuti proses pembelajaran guna mencapai hasil belajar yang optimal. Peserta didik yang memiliki minat baca yang tinggi akan melakukan kegiatan membaca secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar dan minat baca terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD se-Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta didik dalam berbagai hal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 282 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik teknik probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Penentuan jumlah sampel penelitian menerapkan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 166 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini meliputi sumber belajar, minat baca, dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara sumber belajar terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,515 > 1,974 dan korelasi keduanya sebesar 0,506 atau sedang; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar dengan hasil hasil penelitian diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 7,797 > 1,974 dan korelasi keduanya sebesar 0,520 atau sedang; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara sumber belajar dan minat baca secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 39,558 > 3,051 dan korelasi ganda sebesar 0,527 atau sedang. Besarnya pengaruh sumber belajar dan minat baca terhadap hasil belajar sebesar 32,7%. Disimpulkan bahwa sumber belajar dan minat baca berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD se-Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Saran dari penelitian ini yaitu guru diharapkan dapat memvariasikan penggunaan sumber belajar dan meningkatkan ketertarikan untuk melakukan kegiatan membaca kepada peserta didik. Bagi sekolah, diharapkan sekolah dapat melengkapi fasilitas atau sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengungkapkan berbagai faktor lain yang dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Minat Baca, Sumber Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:58
Last Modified: 03 Nov 2020 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40818

Actions (login required)

View Item View Item