PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS MIND MAPPING MATERI SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SDN TANJUNGANOM 02 KABUPATEN PATI


Adam Prastika, 1401416391 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS MIND MAPPING MATERI SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SDN TANJUNGANOM 02 KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS MIND MAPPING MATERI SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SDN TANJUNGANOM 02 KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS MIND MAPPING MATERI SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SDN TANJUNGANOM 02 KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi minimnya bahan ajar IPA. Hal tersebut berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga peneliti bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA berbasis mind mapping, mengkaji kelayakan bahan ajar IPA berbasis mind mapping dan mengkaji keefektifan bahan ajar IPA berbasis mind mapping materi siklus hidup makhluk hidup kelas IV SDN Tanjunganom 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model adaptasi dari Sugiyono yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjunganom 02 Kabupaten Pati. Uji coba skala besar dilakukan dikelas IV SDN Tanjunganom 02 dengan jumlah 21 siswa dan uji coba skala kecil dilakukan dikelas dikelas IV SDN Tanjunganom 01 dengan jumlah siswa dipilih menggunakan purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal dan akhir (uji t dan uji N gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media didapatkan presentase kelayakan isi 91,66% dan kelayakan penyajian 86,66%. Bahan ajar IPA berbasis mind mapping efektif digunakan berdasarkan hasil uji t menunjukkan t hitung > t tabel (4,0746 > 2,086), maka Ho ditolak dan didukung dengan uji gain pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,402174 dengan kriteria sedang. Hasil presentase angket tanggapan guru dan siswa menunjukkan kategori sangat positif membuat bahan ajar efektif dalam penggunanya. Simpulan penelitian ini adalah Bahan Ajar IPA Berbasis Mind Mapping Materi Siklus Hidup Makhluk Hidup sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dalam pengembangannya, produk bahan ajar ini dapat digunakan sebagai bahan ajar pendamping di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, IPA, mind mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:56
Last Modified: 03 Nov 2020 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40817

Actions (login required)

View Item View Item