PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MENGGAMBAR DI SD AL-IRSYAD KOTA TEGAL
Aini Nabila, 1401416341 (2020) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MENGGAMBAR DI SD AL-IRSYAD KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MENGGAMBAR DI SD AL-IRSYAD KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler sangat penting bagi pembentukan karakter siswa menjadi generasi muda yang berkualitas. Kegiatan menggambar yang dilaksanakan dalam ekstrakurikuler di sekolah dasar bertujuan untuk membekali siswa dengan pengalaman seni berupa kegiatan berekspresi dan berkreasi menciptakan karya gambar. Penelitian yang dilaksanakan, diharapkan dapat menjadi tambahan referensi mengenai pelaksanaan pelatihan menggambar dalam pembelajaran ekstrakurikuler menggambar. Fakta-fakta menarik yang ditemukan menyangkut pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler menggambar di SD Al-Irsyad Kota Tegal semoga bisa menjadi rekomendasi di masa mendatang. Fakta-fakta tersebut berkaitan dengan pelaksanaan pelatihan menggambar, hasil pembelajaran menggambar, faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran ekstrakurikuler menggambar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dipilihnya pendekatan kualitatif dalam penelitian ini karena tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran ekstrakurikuler menggambar di SD Al-Irsyad Kota Tegal. Pendeskripsian ini sifatnya menyeluruh dan utuh. Penelitian ini mencakup pembelajaran ekstrakurikuler menggambar yang berfokus pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler menggambar, hasil gambar selama pembelajaran, dan hambatan yang dihadapi selama kegiatan ekstrakurikuler menggambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dipopulerkan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler menggambar di SD Al-Irsyad Kota Tegal dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi sekolah. Perencanaan kegiatan berisi perencanaan kegiatan menggambar yang akan diajarkan. Proses pelaksanaan terdiri dari kegiatan awal, inti, dan penutup. Penilaian melalui pengamatan disetiap pelaksanaan pembelajaran menggambar. Hasil gambar siswa dianalisis berdasarkan teori karakteristik perkembangan seni rupa anak yang meliputi tipologi, periodisasi, karakteristik seni rupa anak, dan relevansi karakteristik seni rupa anak. Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler terdiri dari SDM siswa yang berkualitas, guru yang kreatif dan komunikatif, serta dukungan dari sekolah. Hambatan yang dikeluhkan adalah tidak adanya mekanisme kegiatan, tidak ada daftar peserta, waktu pelaksanaan, dan dukungan dari orang tua. Diharapkan, hasil penelitian ini bisa menjadi inspirasi bagi guru seni dan sekolah dalam penyelenggaraan ekstrakurikuler menggambar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler; Pelaksanaan Kegiatan; Menggambar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 01:51 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 01:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40816 |
Actions (login required)
View Item |