PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI AKSARA JAWA BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANYUPUTIH 01 KABUPATEN BATANG


Ema Nuryani, 1401416333 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI AKSARA JAWA BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANYUPUTIH 01 KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI AKSARA JAWA BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANYUPUTIH 01 KABUPATEN BATANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI AKSARA JAWA BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANYUPUTIH 01 KABUPATEN BATANG) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi pada tanggal 12 April 2019 di kelas IV SDN Banyuputih 01 diketahui belum adanya penggunaan media pembelajaran pada materi Aksara Jawa dan siswa masih kesulitan dalam memahami materi Aksara Jawa. Hal tersebut berakibat rendahnya hasil belajar Bahasa Jawa siswa. Sehingga diperlukan pengembangan multimedia berbasis adobe flash. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan desain multimedia berbasis adobe flash, menguji kelayakan multimedia berbasis adobe flash, dan menguji keefektifan multimedia berbasis adobe flash. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) mengacu pada teori Borg dan Gall dengan langkah-langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desai, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 29 Januari sampai 11 Februari 2020 di semester dua. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Banyuputih 01 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas besar dan SD Negeri Banyuputih 04 yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas kecil. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan non tes. Instrumen non tes yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar observasi, lembar angket, dan dokumentasi, sedangkan instrumen tes yang digunakan yaitu soal uji coba, soal tes awal, dan soal tes akhir. Teknik analisis data meliputi, meliputi analisis data awal dengan uji normalitas dan uji homogenitas, serta analisis data akhir dengan uji t satu pihak, dan uji n-gain. Variabel penelitian ini adalah multimedia interaktif dan pembelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa kelas IV. Hasil penilaian kelayakan menunjukkan multimedia dapat digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dari segi isi materi sebesar 84%, bahasa sebesar 86%, dan media 88,75% dengan kategori sangat layak, dari hasil uji-t didapatkan thitung ≤ - ttabel yaitu -5,31 ≤ -2,04 diketahui terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia, hasil perhitungan uji z didapatkan Zhitung > Ztabel yaitu 1,9868 > 1,64, dan pada uji n-gain didapatkan hasil perhitung an sebesar 0,701 dengan kriteria tinggi. Simpulan penelitian ini adalah multimedia berbasis adobe flash sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa. Saran agar pembelajaran Bahasa Jawa menggunakan media pembelajaran interaktif seperti multimedia berbasis adobe flash.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahasa jawa; hasil belajar; multimedia; pengembangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:47
Last Modified: 03 Nov 2020 01:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40815

Actions (login required)

View Item View Item