PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-GUGUS JENDERAL SOEDIRMAN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL


Amalia Ashari, 1401416329 (2020) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-GUGUS JENDERAL SOEDIRMAN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-GUGUS JENDERAL SOEDIRMAN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-GUGUS JENDERAL SOEDIRMAN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Indikator keberhasilan dari suatu proses belajar dapat dilihat dari tingginya hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil belajar Matematika siswa kelas V SD se-Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh pengelolaan kelas dan gaya mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar matematika kelas V SD se-Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal yang berjumlah 237 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 154 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi untuk hasil belajar matematika dan angket tertutup dengan skala likert empat pilihan jawaban untuk pengelolaan kelas serta gaya mengajar guru. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar matematika ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 3,942 > 1,976 dan korelasi keduanya sebesar 0,305 atau rendah. Besar sumbangan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar matematika sebesar 9,3%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar matematika ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 4,009 > 1,976 dan korelasi keduanya sebesar 0,309 atau rendah. Besar sumbangan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar matematika sebesar 9,6%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan kelas dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar matematika ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel (11,060 > 3,056) dan korelasi ganda dalam kategori rendah (0,357). Besar sumbangan pengelolaan kelas dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar matematika sebesar 12,8%. Disimpulkan bahwa pengelolaan kelas dan gaya mengajar guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika kelas V SD se-Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Saran peneliti bahwa guru diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan kelas yaitu dalam hal memberikan penguatan dan peneguran. Selain itu guru diharapkan meningkatkkan variasi gaya mengajar guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pengelolaan kelas, gaya mengajar guru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:44
Last Modified: 03 Nov 2020 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40814

Actions (login required)

View Item View Item