IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIDAREJA 01 KABUPATEN CILACAP


Nur Khodri Reza, 1401416318 (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIDAREJA 01 KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIDAREJA 01 KABUPATEN CILACAP]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIDAREJA 01 KABUPATEN CILACAP) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Manajemen sekolah berkaitan dengan suatu kegiatan dalam mengelola satuan pendidikan agar tercapainya tujuan dari pelaksanaan pendidikan di suatu jenjang pendidikan. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab XIV Pasal 51 Ayat 1 menjelaskan bahwa pengelolaan satuan pendidikan baik pada satuan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dilaksanakan sesuai standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/madrasah. Pengelolaan melalui prinsip manajemen berbasis sekolah bertujuan dalam meningkatkan mutu sekolah sesuai dengan standar Pemerintah melalui penetapan Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan fakta-fakta menarik menyangkut implementasi manajemen berbasis sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Sidareja 01 Kabupaten Cilacap. Fakta tersebut berkaitan dengan pengimplementasian program manajemen berbasis sekolah yang terdiri dari lima aspek yaitu kemandirian sekolah, kemitraan sekolah, partisipasi stakeholder, keterbukaan sekolah, dan akuntabilitas sekolah, sehingga kelima aspek tersebut dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui oservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi MBS di Sekolah Dasar Negeri Sidareja 01 Kabupaten Cilacap berjalan dengan baik sesuai denganPerundang-undangan yang berlaku. Implementasi kelima aspek manajemen berbasis sekolah telah berhasil meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Sidareja 01 Kabupaten Cilacap sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Pengimplementasian manajemen berbasis sekolah telah berhasil menjadikan Sekolah Dasar Negeri Sidareja 01 Kabupaten Cilacap sebagai sekolah penjamin mutu pendidikan terbaik di Kabupaten Cilacap pada tahun 2018. Simpulan penelitian ini adalah bahwa Implementasi MBS mempengaruhi mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Sidareja 01 Kabupaten Cilacap sehingga sekolah mendapat predikat sekolah penjamin mutu terbaik. Saran dari penulis hendaknya sekolah lebih mandiri dalam melaksanakan manajemen sekolah sesuai dengan peraturan dari Pemerintah, sehingga sekolah bisa lebih meningkatkan mutu pendidikan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: manajemen berbasis sekolah, mutu pendidikan, standar nasional pendidikan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:39
Last Modified: 03 Nov 2020 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40812

Actions (login required)

View Item View Item