HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KALIMOSODO KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG


Cannystia Safitri, 1401416316 (2020) HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KALIMOSODO KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KALIMOSODO KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KALIMOSODO KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG) - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada kelas IV SD Negeri Gugus Kalimosodo Kabupaten Temanggung menunjukkan hasil belajar muatan pembelajaran IPS pada ranah kognitif masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru, didapatkan data bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar muatan pembelajaran IPS yaitu kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji hubungan: (1) kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar; (2) kedisiplinan belajar dengan hasil belajar; (3) kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kalimosodo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan jenis data kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh didapatkan 106 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil analisis data didapatkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar IPS, kontribusi variabel kecerdasan interpersonal tersebut termasuk dalam kategori cukup; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS, kontribusi variabel kedisiplinan belajar tersebut termasuk dalam kategori baik; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS, kontribusi variabel kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar tersebut termasuk dalam kategori kuat. Simpulan penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar IPS; ada hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS; ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS. Saran diharapkan guru dapat memberikan informasi kepada siswa bahwa kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kecerdasan Interpersonal; Kedisiplinan Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:36
Last Modified: 03 Nov 2020 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40811

Actions (login required)

View Item View Item