PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PERMAINAN RODA JELAJAH INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG


Chusna Milata Ningrum, 1401416310 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PERMAINAN RODA JELAJAH INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PERMAINAN RODA JELAJAH INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PERMAINAN RODA JELAJAH INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Banyak penyebab yang melatarbelakangi suatu pembelajaran belum dapat berjalan dan mendapat hasil yang diharapkan. Faktor penyebabnya dapat berawal dari kurikulum, rancangan pelaksanaan pembelajaran ataupun faktor-faktor pendukung pembelajaran seperti media pembelajaran. Pada kegiatan pra penelitian di SDN Tugurejo 01 Kota Semarang terdapat beberapa akar permasalahan dalam proses pembelajaran, salah satunya keterbatasan media pembelajaran yang interaktif. Hal tersebut berdampak pada kualitas pembelajaran masih kurang maksimal. Perbaikan kualitas pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan media pembelajaran yang dikemas dalam permainan edukatif yaitu media pembelajaran papan permainan roda jelajah Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan dan kelayakan media papan permainan roda jelajah Indonesia dalam pembelajaran IPS. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media papan permainan roda jelajah Indonesia yang layak dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and development (penelitian dan pengembangan) dengan langkah meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, produk akhir. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik nontes meliputi observasi, wawancara, angket,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: media papan permainan roda jelajah Indonesia dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase komponen kelayakan isi materi 85,41% dengan kriteria layak dan komponen penyajian media 80,76% dengan kriteria layak. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran papan permainan roda jelajah Indonesia layak digunakan dalam pembelajaran muatan IPS materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi Indonesia. Saran dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran papan permainan roda jelajah Indonesia direkomendasikan untuk dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai inovasi baru dalam media yang dikemas melalui permainan pembelejaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: permainan edukatif; roda jelajah Indonesia; IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:34
Last Modified: 03 Nov 2020 01:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40810

Actions (login required)

View Item View Item