DETERMINAN PROFITABILITAS KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) DI KOTA SALATIGA


Teguh Ashari, 0701515015 (2018) DETERMINAN PROFITABILITAS KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) DI KOTA SALATIGA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN PROFITABILITAS KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) DI KOTA SALATIGA]
Preview
PDF (DETERMINAN PROFITABILITAS KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) DI KOTA SALATIGA) - Submitted Version
Download (877kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ashari, Teguh. 2018. “Determinan Profitabilitas Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) di Kota Salatiga”. Tesis. Program studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Widiyanto MBA, MM. Pembimbing II: Dr. Arief Yulianto, SE,.MM Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Finance, Financing to Deposit Ratio, Biaya Operasional-Pendapatan Operasional, Struktur Modal. Tingginya pertumbuhan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) di Indonesia dihadapkan pada beberapa masalah diantaranya mengenai profitabilitas sehingga membuat pertumbuhannya kurang optimal. Di Kota Salatiga, pertumbuhan KSPPS tidak seimbang sehingga memunculkan beberapa masalah. Profitabilitas menunjukkan KSPPS kemampuan untuk menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi profitabilitas KSPPS di Kota Salatiga Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kinerja keuangan KSPPS adalah capital adequacy ratio (CAR), non performing finance (NPF), financing to deposit ratio (FDR), biaya operasional-pendapatan operasional (BOPO), dan struktur modal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi berganda menggunakan software Eview 9. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan 10 KSPPS di Kota Salatiga yang telah direkomendasikan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan data panel dengan periode pengamatan tahun 2012-2016 Hasil uji regresi menunjukkan secara parsial BOPO berpengaruh signifikan negatif terhadap return on asset (ROA) dengan koefisien sebesar -0.043. Sementara faktor lain CAR, NPF, FDR dan struktur modal tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, semua variabel independen dalam penelitian berpengaruh signifikan terhadap ROA. Perbedaan penelitian ini dengan beberapa penelitian sebelumnya adalah data yang digunakan jarang dijumpai pada penelitian lain yaitu data keuangan KSPPS dalam lingkup kota dan penggunaan pecking order theory dan research based view untuk menjelaskan profitabilitas pada lembaga keuangan mikro syariah. Agar mendapatkan hasil penelitian yang lebih relibale, penelitian selanjutnya disarankan memastikan pelaporan keuangan telah dilakukan di KSPPS yang akan diteliti. Penggunaan variabel yang menjadi ciri khas lembaga keuangan syariah menjadi hal yang menarik untuk diteliti. KSPPS disarankan meninjau ulang profitabilitas debitur agar dapat menentukan jangka waktu pembiayaan yang tepat untuk meningkatkan profitabilitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Finance, Financing to Deposit Ratio, Biaya Operasional-Pendapatan Operasional, Struktur Modal.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:56
Last Modified: 02 Nov 2020 07:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40807

Actions (login required)

View Item View Item