PERAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMODERASI PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri Se Kota Semarang)


Sifa Farida, 0701516015 (2019) PERAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMODERASI PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri Se Kota Semarang). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMODERASI PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri Se Kota Semarang)]
Preview
PDF (PERAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMODERASI PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri Se Kota Semarang)) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Farida, Sifa. 2019. Peran Pembelajaran Kewirausahaan dalam Memoderasi Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XI Program Kealian Pemasaran di SMK Negeri Se Kota Semarang). Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Partono Thomas, MS dan Dorojatun Prihandono, S.E.,MM., Ph.D. Kata kunci : minat berwirausaha, sikap, norma subjektif, self efficacy,pembelajaran kewirausahaan. Salah satu cara untuk mengatasi pengangguran dan meningkatkan perekonomian Indonesia adalah dengan meningkatkan minat berwirausaha generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui bagaimana pengaruh sikap, norma subjektif, self efficacy terhadap minat berwirausaha. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana variabel pembelajaran kewirausahaan dalam memoderasi pengaruhi sikap, norma subjektif, self efficacy terhadap minat berirausaha siswa Kelas XI Pemasaran di SMK Negeri Se Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah minat berwirausaha (Y), sikap berwirausaha (X1), norma subjektif (X2), self efficacy (X3) dan Pembelajaran Kewirausahaan (M). Populasi penelitian berjumlah 215 orang siswa dan sampelnya berjumlah 140 orang siswa. Teknik samplingnya menggunakan proportional random sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi dengan moderasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh sikap berwirausaha terhadap minat berwirausaha, norma subjektif terhadap minat berwirausaha dan self efficacy terhadap minat berwirausaha. Secara tidak langsung pembelajaran kwirausahaan memoderasi pengaruh sikap berwirausaha terhadap minat berwirausaha. Sedangkan pembalajaran kewirausahaan tidak memoderasi pengaruh norma subjektif dan self efficacy terhadap minat berwirausaha. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa harus terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang dapat menguatakan minat menjadi wirausaha sukses serta memperhatikan kegiatan para pelaku bisnis atau wirausahawan di lingkungan sekitar yang sudah berhasil untuk dijadikan acuan dalam mengembangkan usaha. Untuk sekolah diharapkan dapat memberikan pelatihan kewirausahaan dalam rangka meningkatkan minat berwirausaha siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : minat berwirausaha, sikap, norma subjektif, self efficacy,pembelajaran kewirausahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:53
Last Modified: 02 Nov 2020 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40806

Actions (login required)

View Item View Item