STRATEGI PENGEMBANGAN LITERASI KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN INTENSIFIKASI STUDENT ENGAGEMENT (Pada Siswa SMK Kelas XI Jurusan Perbankan di Tegal)


MIRZA ANINDYA PANGESTIKA, 0701516004 (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN LITERASI KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN INTENSIFIKASI STUDENT ENGAGEMENT (Pada Siswa SMK Kelas XI Jurusan Perbankan di Tegal). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PENGEMBANGAN LITERASI KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN INTENSIFIKASI STUDENT ENGAGEMENT (Pada Siswa SMK Kelas XI Jurusan Perbankan di Tegal)]
Preview
PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN LITERASI KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN INTENSIFIKASI STUDENT ENGAGEMENT (Pada Siswa SMK Kelas XI Jurusan Perbankan di Tegal)) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Pangestika, Mirza Anindya. 2018. Strategi Pengembangan Literasi Keuangan Dengan Pendekatan Intensifikasi Student Engagement (Pada Siswa SMK Kelas XI Jurusan Perbankan Di Tegal). Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Heri Yanto, MBA, PhD dan Fahrur Rozi, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Kata kunci : Literasi Keuangan, Student Engagement, Pendidikan Keuangan. Hasil survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan pelajar di Indonesia tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh student engagement sebagai bentuk proses pembelajaran terhadap pembentukan literasi keuangan siswa SMK Kelas XI Jurusan Perbankan di Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah literasi keuangan yang terdiri dari pengetahuan keuangan (Y1), sikap keuangan (Y2), dan perilaku keuangan (Y3), serta student engagament yang terdiri dari tantangan akademik (X1), pembelajaran aktif (X2), interaksi siswa-guru (X3), pengayaan pengalaman pendidikan (X3), dan lingkungan belajar (X5). Populasi penelitian berjumlah 241 orang siswa dan sampelnya berjumlah 150 orang siswa. Teknik samplingnya menggunakan proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Metode analisis data yang digunakan yaitu korelasi pearson, korelasi kanonikal dan regresi. Hasil uji korelasi pearson menunjukkan X1, X2, X3, X4, dan X5 memiliki korelasi positif dan searah dengan Y1, Y2, dan Y3 dengan tingkat signifikasi 0,01. Hasil analisis korelasi kanonikal pada output Eigenvalue And Canonical Correlation menunjukan bahwa covariate variabel kanonikal mampu menjelaskan 83,58% variasi dalam variabel canonical dependen. Kemudian pada output Correlations Between Dependent and Canonical Variables menunjukkan bahwa variabel dependen Y1, Y2, dan Y3 berkorelasi signifikan dengan canonical variables. Selanjutnya pada output Correlations between Covariates and Canonical variables menunjukkan bahwa covariate X1, X2, X3, X4, dan X5 berkorelasi signifikan dengan Canonical Variables. Hasil analisis regresi uji parsial menunjukkkan X1 dan X3 hanya berpengaruh positif terhadap Y2. Kemudian X2 berpengaruh positif terhadap seluruh dependent factor. Sedangkan X4 tidak berpengaruh terhadap seluruh dependent factor. Selanjutnya X5 tidak berpengaruh terhadap variabel Y2. Hasil analisis regresi pada uji simultan menunjukan bahwa X1, X2, X3, X4, dan X5 secara berturut-turut berpengaruh signifikan terhadap Y1, Y2, dan Y3. Hasil penelitian ini menunjukkan hanya X2 yang berpengaruh signifikan terhadap Y1, Y2 dan Y3 secara konsisten. Artinya sekolah perlu untuk meningkatkan tantangan akademik yang mampu merangsang keaktifan siswa dengan mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler serta menciptakan lingkungan akademik yang dapat mendukung interaksi siswa dan guru untuk meningkatkan literasi keuangan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Literasi Keuangan, Student Engagement, Pendidikan Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:42
Last Modified: 02 Nov 2020 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40803

Actions (login required)

View Item View Item