HUBUNGAN SEKTOR-SEKTOR PDRB DENGAN INDEKS KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP DI INDONESIA TAHUN 2012-2017


Izzatul Ummi, 0712517002 (2019) HUBUNGAN SEKTOR-SEKTOR PDRB DENGAN INDEKS KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP DI INDONESIA TAHUN 2012-2017. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN SEKTOR-SEKTOR PDRB DENGAN INDEKS KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP DI INDONESIA TAHUN 2012-2017]
Preview
PDF (HUBUNGAN SEKTOR-SEKTOR PDRB DENGAN INDEKS KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP DI INDONESIA TAHUN 2012-2017) - Submitted Version
Download (697kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ummi, Izzatul. 2019. Hubungan Sektor-Sektor PDRB dengan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup di Indonesia Tahun 2012-2017. Tesis. Program Studi Ilmu Ekonomi. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Rusdarti, M.Si., Pembimbing II Drs. Heri Yanto, MBA, Ph.D. Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Sektor-sektor PDRB, Indeks Kualitas Lingkungan Hidup. Kondisi perekonomian merupakan salah satu indikator kemajuan perekonomian suatu wilayah, semakin tinggi perekonomian suatu wilayah maka semakin baik perekonomian suatu wilayah. Salah satu indikator untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu wilayah adalah PDRB atas harga berlaku dan harga konstan. Pertumbuhan ekonomi yang pesat pada umumnya diikuti dengan kerusakan lingkungan yang disebabkan adanya eksternalitas dari proses produksi dan konsumsi dari sektor-sektor PDRB. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan sektor pertanian, sektor pertambangan, sektor industri pengolahan, sektor konstruksi dan transportasi dengan indeks kualitas lingkungan hidup di Indonesia. Metode yang digunakan bersifat kuantitatif berasal dari data sekunder berupa data publikasi sektor-sektor PDRB atas harga konstan dan indeks kualitas lingkungan hidup di 33 provinsi secara tahunan pada tahun 2012-2017 dengan menggunakan analisis regresi data panel dengan model regresi fixed effect menggunakan alat bantu eviews 9. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan variabel sektor pertanian dan transportasi mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH), sedangkan variabel sektor pertambangan dan konstruksi mempunyai hubungan yang negatif dan signifikan, sementara variabel sektor industri pengolahan mempunyai hubungan yang negatif dan tidak signifikan. Variabel sektor pertanian, sektor pertambangan, sektor industri pengolahan, sektor konstruksi, dan sektor transportasi secara bersama-sama mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH). Saran bagi masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi untuk menjaga kelestarian lingkungan. Bagi pemerintah tiap daerah, sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan dan keputusan, dalam rangka menerapkan pengelolaan lingkungan hidup secara terpadu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Sektor-sektor PDRB, Indeks Kualitas Lingkungan Hidup.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:37
Last Modified: 02 Nov 2020 07:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40802

Actions (login required)

View Item View Item