PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP 10 SEMARANG


Ishlakhul Huda , 4401405582 (2010) PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI  SISTEM PEREDARAN DARAH  DI SMP 10 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP 10 SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berlakunya KTSP menuntut seorang guru agar lebih kreatif untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan mendorong siswa menjadi aktif. Role playing merupakan salah satu metode pembelajaran dimana siswa akan memerankan peran tertentu. Dengan metode ini pembelajaran akan lebih menyenangkan dan tentu akan membuat siswa menjadi lebih aktif. Salah satu pendekatan yang bisa mengaktifkan siswa dalam pembelajaran adalah Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Dengan pendekatan JAS siswa akan mengeksplorasi lingkungan sekitar siswa sehingga siswa akan menjadi aktif. Dengan penerapan pendekatan JAS dan metode role playing ini diharapkan pembelajaran akan lebih optimal. Observasi awal di SMP 10 Semarang yang dilakukan dengan wawancara dan mengamati dokumen kepada guru pengampu pelajaran IPA Biologi, didapatkan informasi bahwa hasil ulangan harian pada materi sistem peredaran darah tahun pelajaran 2007/2008 diperoleh ketuntasan klasikal hanya 53% dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 66. Penelitian bertujuan mengetahui penerapan pendekatan JAS dengan metode role playing efektif pada pembelajaran materi sistem peredaran darah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 10 Semarang. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII C diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa pembelajaran dengan penerapan pendekatan JAS dengan metode role playing, sedangkan variabel terikat berupa aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa kelas VIII A yang aktif dan sangat aktif adalah 82,50%. Sedangkan untuk kelas VIII C jumlah siswa yang aktif dan sangat aktif mencapai 82,05%. Hasil belajar menunjukkan ≥ 75 % siswa tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal 70. Ketuntasan klasikal untuk kelas VIII A 90,00% dengan nilai rata-rata 76,97 dan ketuntasan klasikal kelas VIII C 79,49% dengan nilai rata-rata 72,49. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan JAS dengan metode role playing efektif diterapkan pada pembelajaran materi sistem peredaran darah. Sesuai dengan hasil penelitian, guru disarankan untuk memenejemen waktu dengan baik dan menerapkan pembelajaran pada materi yang mempunyai karakteristik yang sama, dan siswa perlu latihan role playing di luar jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan JAS, Metode Role playing, Sistem Peredaran Darah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2011 02:39
Last Modified: 25 Apr 2015 05:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4079

Actions (login required)

View Item View Item