KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN ASPIRASI DAN EFIKASI KARIR SISWA KELAS XI TBSM SMK AL FALAH WINONG PATI


Umi Ari, 0105515006 (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN ASPIRASI DAN EFIKASI KARIR SISWA KELAS XI TBSM SMK AL FALAH WINONG PATI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN ASPIRASI DAN EFIKASI KARIR SISWA KELAS XI TBSM  SMK AL FALAH WINONG PATI]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN ASPIRASI DAN EFIKASI KARIR SISWA KELAS XI TBSM SMK AL FALAH WINONG PATI)
Download (828kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ari, Umi. 2018. “Keefektifan Konseling Kelompok Teknik Sef Talk Counseling Untuk Meningkatkan Aspirasi dan Efikasi Karir Siswa Kelas XI TBSM SMK AL Falah Winong Pati”. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. DYP. Sugiharto, M. Pd. Kons., Pembimbing II Awalya, M.Pd. Kons. Kata Kunci: konseling kelompok teknik self talk, aspirasi karir, efikasi karir. Aspirasi dapat diartikan keinginan yang sungguh-sungguh atau ambisi kearah yang lebih baik untuk mencapai harapan dan tujuan untuk keberhasilan pada masa yang akan datang. Selain itu aspirasi mendorong individu untuk melakukan hal yang positif atau tinggi tingkatannya untuk mencapai tujuan tertentu. Domenico dan Jones (2007) menjelaskan bahwa aspirasi mewakili orientasi seseorang terhadap tujuan tertentu yang dapat dipengaruhi oleh jenis kelamin, status sosial ekonomi dan dukungan keluarga. Selain aspirasi karir dalam kaitannya dengan perkembangan karir individu tak kalah penting pula efikasi karir. Menurut David Baker (2009) aspirasi karir dipandang sebagai refleksi dari self efficacy dalam kaitannya disini adalah efikasi dalam pengambilan keputusan karir serta mediator penting dari motivasi dan pengembangan karir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok teknik self talk untuk meningkatkan aspirasi dan efikasi karir siswa kelas XI TBSM SMK AL falah Winong Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, repeated measures manova dengan melibatkan subjek penelitian sebanyak 14 mahasiswa yang dipilih secara purposive dari 125 mahasiswa siswa kelas XI TBSM SMK Al Falah Winong Pati. Penelitian ini menggunakan Skala Aspirasi Karir (CAS) dari McCroscey dengan tingkat reliabilitas koefisien Alpha Cronbach 0,750. Dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis Repeated Measures Manova. Berikut ini hasil uji Repeated Measures Manova (RMM) untuk menguji keefektikan teknik self talk untuk meningkatkan aspirasi dan efikasi karir siswa kelas XI TBSM 1 SMK AL Falah Winong Pati. Data statistik antara pengukuran berulang (time) pada kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan adanya interaksi positif diantara keduanya ditunjukan dengan angka F= 1710,47, p <0,05 dan pada kelompok kontrol diperoleh angka F= 15,681, p<0,05, dengan kata lain “Ho diterima”, artinya terdapat perubahan tingkat aspirasi dan efikasi karir dari pretest, post test 1, dan post test 2 pada kedua kelompok penelitian (eksperimen dan kontrol) adalah berbeda secara signifikan. Dengan kata lain hasil intervensi yang diberikan kepada kelompok eksperiment dan kelompok kontrol adalah berbeda. Berdasarkan hasil yang didapatkan, maka saran yang diberikan bagi praktisi (konselor) dalam penyelenggaraan layanan bukan hanya menitik beratkan pada aspek afektif dan psikomotorik namun hendaknya bisa menitikberatkan pada aspek kognitif, sehingga mampu beroikir proaktif, kreatif dan inovatif dalam pencarian bakat dan potensi yang dimilikinya sehingga siswa mampu memiliki tingkat aspirasi dan efikasi karir yang tinggi. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan untuk dapat dikembangkan kembali dengan karakteristik subjek penelitian yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: konseling kelompok teknik self talk, aspirasi karir, efikasi karir.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 11:48
Last Modified: 02 Nov 2020 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40789

Actions (login required)

View Item View Item