KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI TEKNIK ROLE PLAY DAN MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA UNIVERSITAS VETERAN SEMARANG


Tomi Kurniawan, 0106517021 (2019) KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI TEKNIK ROLE PLAY DAN MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA UNIVERSITAS VETERAN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI TEKNIK ROLE PLAY DAN MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA UNIVERSITAS VETERAN SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI TEKNIK ROLE PLAY DAN MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA UNIVERSITAS VETERAN SEMARANG)
Download (567kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Kurniawan, Tomi. (2019). Keefektifan Kelompok Psikoedukasi Teknik Role Play dan Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas IKIP Veteran Semarang. Tesis. Program studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Sugiyo, M.Si., Pembimbing II. Dr. Drs. Edy Purwanto, M.Si. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Role Play, Modeling Simbolik Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan layanan kelompok psikoedukasi dengan teknik role play dan teknik modeling simbolik terhadap peningkatan komunikasi interpersonal mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas IKIP Veteran Semarang serta mengetahui perbedaan efektifitas antara kedua teknik tersebut. Penelitian ini menggunakan randomized pretest-postest comparison group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas IKIP Veteran Semarang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan subjek penelitian berjumlah 27 mahasiswa. Pengambilan sampel tersebut berdasarkan dari tes awal (pretest) yaitu mahasiswa dengan komunikasi interpersonal rendah. Instrument pengumpulan data adalah skala komunikasi interpersonal berdasarkan teori dari De Vito (2016). Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan kruskal-wallis dengan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan hasil signifikansi layanan kelompok psikoedukasi teknik role play efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal mahasiswa sebesar 0.008< 0.05, kemudian layanan kelompok psikoedukasi teknik modeling simbolik efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal mahasiswa sebesar 0.008 < 0.05, sedangkan layanan kelompok psikoedukasi kombinasi teknik role play dan modeling simbolik efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal mahasiswa sebesar 0.007 < 0.05. Hasil uji kruskal-wallis dari data skor komunikasi interpersonal kelompok posttest menunjukan 14.33<0.05 yang berarti ada perbedaan posttest antar kelompok eksperimen akibat pengaruh dari treatment. Hasil uji Gain skor dari data skor pretest dan posttest pada ketiga kelompok eksperimen yang memiliki nilai gain yang paling tinggi adalah kelompok eksperimen kombinasi teknik role play dan modeling simbolik menunjukan skor 5.71 dan rata-rata gain 0.63. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa perlu penerapan teknik role play, modeling simbolik dan kombinasi kedua teknik pada pelaksanaan kelompok psikoedukasi di Universitas IKIP Veteran Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Role Play, Modeling Simbolik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 11:43
Last Modified: 02 Nov 2020 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40788

Actions (login required)

View Item View Item