PENGARUH METODE LATIHAN DAN TINGGI BADAN TERHADAP POWER TUNGKAI PESERTA EKSRAKURIKULER BOLAVOLI


Yusup Syahroni, 0602516019 (2019) PENGARUH METODE LATIHAN DAN TINGGI BADAN TERHADAP POWER TUNGKAI PESERTA EKSRAKURIKULER BOLAVOLI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH METODE LATIHAN DAN TINGGI BADAN TERHADAP POWER TUNGKAI PESERTA EKSRAKURIKULER BOLAVOLI]
Preview
PDF (PENGARUH METODE LATIHAN DAN TINGGI BADAN TERHADAP POWER TUNGKAI PESERTA EKSRAKURIKULER BOLAVOLI) - Submitted Version
Download (969kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Yusup Syahroni 2018. “Pengaruh Metode Latihan Depth Jump dan Knee Tuck Jump Tinggi Badan Terhadap Power Tungkai Peserta Ekstrakurikuler Bola voli Kelas VII-VIII SMP Islam Roudlotus Saidiyyah Semarang”. Pembimbing I: Dr. Tri Rustiadi, M.Kes. Pembimbing II: Dr. H. Harry Pramono, M. Si. Kata Kunci: Depth Jump , Knee Tuck Jump, Tinggi Badan dan Power Tungkai Bola Voli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Perbedaan pengaruh latihan depth jump dan Knee Tuck Jump terhadap kemampuan power tungkai pada peserta ekstrakurikuler SMP Islam Roudlotus Saidiyyah Semarang. (2) Perbedaan pengaruh antara tinggi badan tinggi dan rendah terhadap power tungkai pada peserta ekstrakurikuler SMP Islam Roudlotus Saidiyyah Semarang. (3) Interaksi antara metode latihan dan tinggi badan terhadap power tungkai pada ekstrakurikuler SMP Islam Roudlotus Saidiyyah Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2x2.Teknik analisis data menggunakan Analysis of Varian (Anova) pada taraf signifikani (α) 0,05. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu metode latihan depth jump dan knee tuck jump. Tinggi badan tinggi dan rendah sebagai variabel atribut dan variabel terikat yaitu power tungkai. Hasil penelitian ini: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan depth jump dan Knee Tuck Jump terhadap kemampuan power tungkai dengan nilai sig (0.04) <α (0,05) dan nilai Fhitung (7,027) > Ftabel (4,49), (2) Ada Perbedaan pengaruh antara tinggi badan tinggi dan rendah terhadap power tungkai dimana nilai signifikansi (0,030), < α (0,05) dan Fhitung (5,317) > Ftabel (4,49), (3)Terdapat interaksi antara metode latihan dan tinggi badan terhadap power tungkai dengan nilai sig (0,027) < α (0,05) dan Fhitung (8,603) > Ftabel (4,49). Simpulan dari penelitian ini adalah: 1). Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan depth jump dan metode latihan knee tuck jump terhadap kemampuan power tungkai pada peserta ekstrakurikuler SMP Islam Roudlotus Saidiyyah Semarang. 2). Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara peserta yang memiliki tinggi badan tinggi dengan peserta yang memiliki tinggi badan rendah terhadap kemampuan power tungkai pada peserta ekstrakurikuler SMP Islam Roudlotus Saidiyyah Semarang. 3). Terdapat interaksi antara metode latihan depth jump, knee tuck jump dan tinggi badan terhadap kemampuan power tungkai pada peserta ekstrakurikuler SMP Islam Roudlotus Saidiyyah Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Depth Jump , Knee Tuck Jump, Tinggi Badan dan Power Tungkai Bola Voli.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Physical Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:20
Last Modified: 02 Nov 2020 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40782

Actions (login required)

View Item View Item