PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MINI


Woro Putan Agung Pamungkas, 0602512034 (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MINI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MINI]
Preview
PDF (PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MINI) - Submitted Version
Download (914kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Woro Putan Agung Pamungkas, 2018. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Mini”. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga. Program Pascasarjana.Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Prof. Dr. Tandiyo, M.Pd., Pembimbing II. Dr. Setya Rahayu, M.S. Kata Kunci: pendekatan pembelajaran, koordinasi mata dan tangan, passing bawah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap hasil belajar keterampilan passing bawah permainan bola voli mini siswa sekolah dasar di SDN Kecamatan Bulungan. Metode penelitian ini eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Sampel penelitian 70 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen untuk hasil belajar passing bawah meliputi penilaian kognitif, afektif dan psikomotor, tes koordinasi mata dan tangan dengan lempar tangkap bola tenis pada dinding yang telah di beri target oleh Ismaryati dalam Tatag Efendi. Teknik analisis data dengan anova dua jalur dengan bantuan program komputer. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pengaruh antara pendekatan pembelajaran drill dan bermain terhadap hasil belajar keterampilan bermain bolavoli mini dengan F hitung 42,172 dan p = 0,000 < 0,05, ada perbedaan hasil belajar keterampilan bermain bola voli mini antara siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi dan rendah dengan F hitung sebesar 33,864 dan p = 0,000 < 0,05 dan interaksi antara pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap hasil belajar keterampilan bermain bola voli mini dengan F hitung sebesar 4,932 dan p = 0,030 < 0,05. Simpulan: pembelajaran pendekatan bermain lebih baik pengaruhnya terhadap hasil belajar keterampilan passing bawah permainan bola voli mini siswa sekolah dasar di SDN Kecamatan Bulungan. Berdasarkan hasil penelitian, saran bagi guru penjasorkes, dapat menggunakan pembelajaran pendekatan bermain sebagai salah satu metode untuk meningkatkan belajar keterampilan passing bawah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pendekatan pembelajaran, koordinasi mata dan tangan, passing bawah.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:08
Last Modified: 02 Nov 2020 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40780

Actions (login required)

View Item View Item