PENGEMBANGAN MULTIMEDIA APLIKASI PENGENALAN SINYAL WASIT PERMAINAN BOLA BASKET BERBASIS ANDROID UNTUK PEMAIN PEMULA


Wigiyanto, 0602516051 (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA APLIKASI PENGENALAN SINYAL WASIT PERMAINAN BOLA BASKET BERBASIS ANDROID UNTUK PEMAIN PEMULA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA APLIKASI PENGENALAN SINYAL WASIT PERMAINAN BOLA BASKET BERBASIS ANDROID UNTUK PEMAIN PEMULA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA APLIKASI PENGENALAN SINYAL WASIT PERMAINAN BOLA BASKET BERBASIS ANDROID UNTUK PEMAIN PEMULA) - Submitted Version
Download (926kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wigiyanto, 2018. “Pengembangan Mutilmedia Aplikasi Pengenalan Sinyal Wasit Permainan Bola basket Berbasis Android Untuk Pemain Pemula”. Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana, Universitas negeri Semarang, Pembimbing I Dr. Soekardi, M.Pd, Pembimbing II Dr. Mugiyo Hartono, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Sinyal Wasit, Bola basket. Pemahaman yang diberikan melaui lisan maupun demostrasi akan lebih jelas jika diperkuat dengan multimedia yang dikembangkan. Pemanfaatan media sebagai sumber belajar dalam bolabasket sangatlah penting, yang memberikan kesempatan kepada peserta pelatihan atau ekstrakurikuler bola basket pemula untuk secara aktif terlibat langsung melalui media yang sudah dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan multimedia aplikasi pengenalan sinyal wasit permainan bolabasket berbasis android untuk pemain pemula. Mengetahu kelayakan produk pengembangan pengembangan multimedia aplikasi pengenalan sinyal wasit permainan bola basket berbasis android untuk pemain pemula. Mengetahui efektifitas model pengembangan multimedia aplikasi pengenalan sinyal wasit permainan bolabasket berbasis android untuk pemain pemula Peneltian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analysis; (1) produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba kelompok kecil dan revisi, (5) uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, serta menggunakan hasil pengamatan dilapangan yang diperoleh dari peserta latihan bolabasket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian uji coba kelompok kecil yang sudah dilakukan kategori yang didapat adalah “sangat baik” dengan rerata skor sebesar 4.51. dan uji coba kelompok besar dengan kategori “sangat baik” dengan rerata skor mencapai 4.30 dengan presentase “Sangat Baik” mencapai 70%. Kesimpulan produk pengembangan multimedia aplikasi pengenalan sinyal wasit permainan bola basket berbasis android ini dapat digunakan oleh pemain pemula (pemain yang baru belajar/berlatih permainan bola basket) secara mandiri untuk mengenal lebih dalam terkait peraturan permainan bola basket terutama sinyal- sinyal wasit permainan bola basket.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Sinyal Wasit, Bola basket.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Physical Education
O Sport > Education, Training, Research
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:03
Last Modified: 02 Nov 2020 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40779

Actions (login required)

View Item View Item