PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AKUATIK DI SEKOLAH DASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LIT-LITAN


Viktor Hendrayuda, 0602516042 (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AKUATIK DI SEKOLAH DASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LIT-LITAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AKUATIK DI SEKOLAH DASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LIT-LITAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AKUATIK DI SEKOLAH DASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LIT-LITAN) - Submitted Version
Download (771kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Hendrayuda, Viktor. 2018. “Pengembangan Model Pembelajaran Akuatik di Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional Lit-litan”. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M. Pd., Pembimbing II: Dr. Heny Setyawati, M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, Akuatik, Permainan Tradisional, Lit-litan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran akuatik melalui permainan tradisional Lit-litan di Sekolah Dasar dan mengetahui apakah permainan tradisional Lit-litan afektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran Penjasorkes untuk Sekolah Dasar kelas II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Bulu Lor Kota Semarang. Instrumen penelitian adalah kuesioner untuk mengetahui kemampuan siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Berdasarkan hasil uji coba skala besar, kemampuan aspek kognitif siswa termasuk dalam kategori sangat baik ada 64 siswa atau 86,49%, sebanyak 10 siswa atau 13,51% dalam kategori baik. Selain itu dari hasil aspek afektif siswa yang termasuk dalam kategori sangat baik 66 siswa atau 89,19%, sebanyak 7 siswa atau 9,46% dalam kategori baik, dan 1 siswa dalam kategori cukup baik atau 1,35%. Sedangkan pada aspek psikomotor siswa yang termasuk dalam kategori sangat baik 59 siswa atau 79,73%, sebanyak 8 siswa atau 10,81% dalam kategori baik, sebanyak 5 siswa dalam kategori cukup baik atau 6,76%, dan sebanyak 2 siswa atau 2,70% dalam kategori kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian distribusi frekuensi pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dapat disimpulkan bahwa dari 74 siswa: untuk aspek kognitif masuk dalam kategori sangat baik, dengan rata-rata persentase 89,59%, untuk aspek afektif masuk dalam kategori baik sekali dengan rata-rata persentase 88,78%, sedangkan untuk aspek psikomotor masuk dalam kategori sangat baik, dengan rata-rata persentase 83,24%. Penggunaan permainan tradisional Lit-litan dapat meningkatkan denyut nadi, peningkatan denyut nadi sebelum aktivitas menunjukkan rata-rata 83,56 sedangkan sesudah aktivitas mempunyai rata-rata 127,52. Kesimpulan, berkaitan dengan pemanfaatan produk, guru Penjasorkes dapat menggunakan model pembelajaran akuatik di Sekolah Dasar melalui permainan tradisional Lit-litan sebagai alternatif buat pembelajaran dan mengenalkan permainan tradisional kepada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Akuatik, Permainan Tradisional, Lit-litan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Physical Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:57
Last Modified: 02 Nov 2020 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40778

Actions (login required)

View Item View Item