PENGEMBANGAN PERMAINAN FUTSAL MODIFIKASI UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS


Tri Ngudi Prasetyo, 0602511055 (2018) PENGEMBANGAN PERMAINAN FUTSAL MODIFIKASI UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERMAINAN FUTSAL MODIFIKASI UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERMAINAN FUTSAL MODIFIKASI UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS) - Submitted Version
Download (717kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Prasetyo, Tri Ngudi. 2018. “Pengembangan Permainan Futsal Modifikasi Untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa SMA”. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Setya Rahayu, M.S. Kata Kunci: Permainan Futsal, Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk yang berupa model permainan futsal modifikasi untuk pembelajaran materi permainan futsal mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) untuk menghasilkan produk model permainan futsal yang sesuai dengan karakteristik siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kebumen pada tanggal 4 April s/d 4 Mei 2014 dengan sampel populasi sebanyak 56 siswa yang berasal dari kelas XI IPA 1 dan XI IPS 1 . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian model Borg dan Gall dengan tahapan : 1) analisis produk yang akan dikembangkan, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli, 4) uji coba produk, 5) revisi produk. Hasil penelitian berdasarkan analisis data diketahui bahwa rata-rata persentase hasil analisis data dari dua ahli penjas adalah 90,5 % dengan kategori sangat baik, rata-rata persentase dari hasil analisis data dari ahli Futsal adalah 88 % dengan kategori sangat baik, rata-rata persentase yang diperoleh dari hasil analisis data uji coba skala kecil adalah 90,16% dengan kategori sangat baik, rata-rata persentase yang diperoleh dari hasil analisis data uji coba skala besar adalah 90,46% dengan kategori sangat baik. Simpulan dari hasil penelitian menyatakan bahwa permainan futsal modifikasi dapat dikembangkan sebagai model permainan futsal yang sesuai dengan karakteristik siswa SMA dan efektif untuk diaplikasikan dalam pembelajaran permainan futsal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Permainan Futsal, Pembelajaran Pendidikan Jasmani.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Physical Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:53
Last Modified: 02 Nov 2020 03:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40777

Actions (login required)

View Item View Item