ANALISIS UNSUR BUDAYA DAN INTERKULTURAL PADA BUKU AJAR FAZHAN HANYU CHUJI KOUYU I (DEVELOPING CHINESE ELEMENTARY SPEAKING COURSE I)


Annisa Rizqi Amalia, 2404415016 (2020) ANALISIS UNSUR BUDAYA DAN INTERKULTURAL PADA BUKU AJAR FAZHAN HANYU CHUJI KOUYU I (DEVELOPING CHINESE ELEMENTARY SPEAKING COURSE I). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS UNSUR BUDAYA DAN INTERKULTURAL PADA BUKU AJAR FAZHAN HANYU CHUJI KOUYU I (DEVELOPING CHINESE ELEMENTARY SPEAKING COURSE I)]
Preview
PDF (ANALISIS UNSUR BUDAYA DAN INTERKULTURAL PADA BUKU AJAR FAZHAN HANYU CHUJI KOUYU I (DEVELOPING CHINESE ELEMENTARY SPEAKING COURSE I)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari adanya keterkaitan antara bahasa dan budaya, dimana bahasa merupakan suatu alat untuk berkomunikasi, berinteraksi, serta menyampaikan ide maupun gagasan dan cenderung selalu terlibat dalam semua aspek kebudayaan. Keadaan ini mengakibatkan hubungan bahasa dan budaya semakin erat sehingga tak ayal mempelajari suatu bahasa juga secara tidak langsung mempelajari budaya dari bahasa tersebut. Hal ini juga berlaku ketika mempelajari bahasa asing. Dalam hal ini adalah bahasa Mandarin. Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan bahasa Mandarin sebagai salah satu program studi, dimana dalam praktiknya murid tahun pertama menggunakan buku ajar Fazhan Hanyu Chuji Kouyu I (Developing Chinese Elementary Speaking Course I). Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian terhadap unsurunsur budaya serta unsur interkultural yang terdapat dalam buku ajar tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu, yang pertama adalah untuk dapat mengetahui bagaimana unsur budaya yang terdapat dalam buku ajar Fazhan Hanyu Chuji Kouyu I sehingga dapat mendeskripsikan unsur budaya yang terdapat dalam buku ajar. Kedua, untuk mengetahui bagaimana aspek interkultural yang terdapat pada buku ajar Fazhan Hanyu Chuji Kouyu I sehingga dapat mendekripsikan aspek interkultural yang terdapat pada buku ajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang terdiri dari : 1) data reduction (reduksi data), 2) data display (penyajian data), 3) Conclusion drawing/verivication (penarikan kesimpulan/verifiikasi), 4) Triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah pendeskripsian dari unsur budaya serta unsur interkultural yang ditemukan pada buku ajar Fazhan Hanyu Chuji Kouyu I (Developing Chinese Elementary Speaking Course I) yang memunculkan data sebanyak 24 data yaitu data yang mengandung unsur budaya berjumlah 15 data, diantaranya unsur budaya fisik sejumlah 6 data, unsur institusional 2 data, unsur perilaku sosial 6 data dan unsur sistem 1 data kemudian unsur interkultural sejumlah 9 data, dari 23 bab yang terdapat dalam buku ajar tersebut. Adapun pakar telah melakukan validasi terhadap data yang dipaparkan oleh peniliti. Hasil validasi dari pakar menunjukkan presentasi perbandingan untuk data yang divalidasi oleh pakar sesuai dengan landasan teori adalah sebanyak 95.83% namun terdapat 4,17% data yang disajikan memberikan kerancuan, yang mana kemudian pakar membubuhkan tanda “sesuai dengan landasan teori yang digunakan dalam analisis dengan adanya perbaikan” pada kuesioner validasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahasa, budaya, buku ajar, unsur budaya, unsur interkultural.
Subjects: P Language and Literature > PB Modern European Languages
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:37
Last Modified: 02 Nov 2020 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40771

Actions (login required)

View Item View Item