PENGEMBANGAN INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI KELOMPOK KERJA GURU KECAMATAN GUNUNGPATI


M. SYAIFUL MUJAB, 0602513035 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI KELOMPOK KERJA GURU KECAMATAN GUNUNGPATI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI  KELOMPOK KERJA GURU KECAMATAN  GUNUNGPATI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI KELOMPOK KERJA GURU KECAMATAN GUNUNGPATI) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Mujab, M. Syaiful. 2018. “Pengembangan Instrumen Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelompok Kerja Guru Kecamatan Gunungpati.” Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M. Pd., Pembimbing II Dr. Sulaiman, M.Pd. Kata kunci: Instrumen supervisi, supervisi akademik, mutu pembelajaran olahraga. Rendahnya mutu pendidikan banyak ditemukan, terutama di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Berdasarkan hasil obsevasi di Kecamatan Gunungpati, ditemukan bahwa kualitas mutu pembelajaran dan kinerja guru penjasorkes tingkat pendidikan dasar masih kurang. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya perhatian dan bimbingan kepada guru melalui kegiatan supervisi. Selain itu, instrumen penilaian supervisi akademik dari dinas pendidikan hanya mencakup empat aspek penilaian, yakni pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Adapun lembar penilaian pembelajaran penjasorkes secara khusus belum tersedia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen supervisi akademik yang mengacu pada penilaian penjasorkes secara khusus guna meningkatkan mutu pembelajaran penjasorkes tingkat pendidikan dasar. Berdasarkan tujuan tersebut, dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) meliputi: studi pendahuluan, penyusunan draf awal instrumen, validasi ahli, uji skala kecil, revisi produk, uji skala luas, revisi produk, dan produk akhir instrumen supervisi pembelajaran penjasorkes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah persentase validasi tingkat kelayakan, dan keberterimaan produk pada instrumen supervisi akademik penjasorkes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen supervisi pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar dikembangkan dari instrumen perencanaan pembelajaran dan instrumen pelaksanaan pembelajaran. Penilaian validasi ahli menunjukkan skor 72 (valid) dan 88 (sangat valid), serta dinyatakan layak digunakan sebagai instrumen supervisi khusus untuk guru penjasorkes. Hasil rata-rata uji coba skala kecil sebanyak 60% menunjukkan skor kinerja guru 90 (baik). Adapun uji coba skala luas diperoleh hasil 71% supervisi berkategori baik dan 29% sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru dan mutu pembelajaran Penajasorkes setelah dilakukan supervisi menggunakan instrumen supervisi akademik yang telah dikembangkan. Atas dasar hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa instrumen supervisi akademik ini valid dan baik untuk digunakan oleh kepala sekolah guna mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran Penjasorkes di sekolah. Adapun beberapa saran pengembangan instrumen supervisi akademik ini yakni: (1) Tiap deskriptor perlu diberi tempat ceklist untuk memudahkan supervisor (2) Perlu adanya pengembangan instrumen supervisi akademik tahap lanjut berbasis android agar penggunaannya dapat lebih praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Instrumen supervisi, supervisi akademik, mutu pembelajaran olahraga.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:26
Last Modified: 02 Nov 2020 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40768

Actions (login required)

View Item View Item