PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN KESEHATAN SESUAI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018


Akhmad Lukman Mustofa, 0602516020 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN KESEHATAN SESUAI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN KESEHATAN SESUAI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN KESEHATAN SESUAI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018) - Submitted Version
Download (845kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Mustofa, Akhmad Lukman. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Kesehatan Sesuai Kurikulum 2013 Tingkat SMP/MTs Se-Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Jasmani. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. dr. Oktia Woro Kasmini Handayani, M.Kes., Pembimbing II Dr. Tri Rustiadi, M.Kes. Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendidikan Kesehatan, Kurikulum 2013. Buku ajar merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran. Buku pelajaran menjadi sarana yang sangat penting dalam upaya pengembangan dan pencapaian kompetensi serta pengembangan budi pekerti siswa. Bahan ajar merupakan sarana dan sumber belajar yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian. Peneliti pada penelitian ini bermaksud mengembangkan bahan ajar materi pendidikan kesehatan untuk dapat diimplementasikan dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar Pendidikan Kesehatan tingkat SMP/MTs sesuai dengan Kurikulum 2013 dan menganalisis keefektifan pengembangan bahan ajar Pendidikan Kesehatan terhadap siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) untuk menghasilkan sebuah produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Langkah-langkah pengembangan produk yaitu; (1) Analisis kebutuhan, (2) Pembuatan draf produk awal, (3) Validasi ahli, (4) Perbaikan draf produk awal, (5) Uji coba skala kecil, (6) Revisi produk awal, (7) Uji coba skala besar, (8) Revisi produk akhir, (9) Uji coba produk akhir. Instrumen penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Subyek penelitian penelitian ini yaitu ahli materi kesehatan, ahli Pendidikan Jasmani, ahli Media & Bahasa, guru Penjas, dan siswa. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk pengembangan bahan ajar Pendidikan Kesehatan kelas VII, VIII dan IX yang sesuai dengan Kurikulum 2013 di SMP Se-Kecamatan Bergas. Hasil analisis data evaluasi ahli; (1) ahli pendidikan kesehatan dengan persentase sebesar 81,81%, (2) ahli pembelajaran pendidikan jasmani dengan persentase sebesar 79,54%, (3) ahli media dan bahasa dengan persentase sebesar 88,63%. Hasil analisis data evaluasi Guru Penjasorkes di Kecamatan Bergas mendapat persentase sebesar 77,84%. Hasil uji skala kecil di MTs Al Uswah Bergas mendapat persentase sebesar 82,91% dan hasil uji skala besar di SMP Negeri Bergas mendapat persentase sebesar 86,35%. Simpulan, bahwa produk pengembangan bahan ajar Pendidikan Kesehatan kelas VII, VIII dan IX efektif untuk digunakan peserta didik SMP/MTs Se- Kecamatan Bergas. Saran: (1) Produk bahan ajar ini dapat digunakan oleh guru Penjasorkes SMP/MTs sebagai alternatif dalam menyampaikan materi kesehatan. (2) Produk bahan ajar ini efektif digunakan oleh peserta didik untuk menambah motivasi belajar serta agar memudahkan belajar dalam memahami dan mendalami materi Pendidikan Kesehatan, (3) Produk bahan ajar serupa masih perlu dikembangkan untuk tingkatan kelas pada jenjang SMA/SMK/MA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendidikan Kesehatan, Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:23
Last Modified: 02 Nov 2020 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40767

Actions (login required)

View Item View Item