PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PROSES PEMBENTUKAN 汉字Hànzì DALAM BENTUK POP-UP BOOK


Fifda Puspitasari, 2404415004 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PROSES PEMBENTUKAN 汉字Hànzì DALAM BENTUK POP-UP BOOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PROSES PEMBENTUKAN 汉字Hànzì DALAM BENTUK POP-UP BOOK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PROSES PEMBENTUKAN 汉字Hànzì DALAM BENTUK POP-UP BOOK) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan budaya masyarakat Tionghoa terutama bahasa Mandarin saat ini meningkat pesat ditandai dengan bertambahnya mata pelajaran dan program studi bahasa Mandarin di beberapa sekolah dan perguruan tinggi. Dalam mempelajari bahasa Mandarin, penting bagi mereka untuk mengetahui sejarah perkembangan Hanzi. Namun, ketertarikan mereka terhadap sejarah perkembangan Hanzi sangat kurang. Oleh karena itu peneliti berupaya mengembangkan media pembelajaran proses pembentukan Hànzì汉字untuk meningkatkan daya tarik siswa atau mahasiswa untuk mempelajari sejarah perkembangan hanzi. Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan media pembelajaran Proses Pembentukan Hànzì汉字dalam bentuk Pop-up book pada mata pelajaran bahasa Mandarin, 2) Cara mengetahui pengembangan media pembelajaran Proses Pembentukan Hànzì汉字dalam bentuk Pop-up book dalam pembelajaran bahasa Mandarin yang baik, menarik dan layak untuk peserta didik, 3) Untuk mengetahui validasi para ahli mengenai pengembangan media pembelajaran Proses Pembentukan Hànzì汉字dalam bentuk Pop-up book. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development ( R&D) dengan enam tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain, 6) uji coba kelayakan. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran Proses Pembentukan Hànzì汉字dalam bentuk Pop-up book disertai gambar ilustrasi. Dari hasil angket kebutuhan menunjukkan bahwa mahasiswa dan guru SMA menghendaki adanya pengembangan media pembelajaran sejarah perkembangan Hanzi dalam bentuk pop-up book yang disertai dengan gambar ilustrasi. Pengembangan ini berfokus pada kelayakan aspek pemilihan kosakata, aspek penggunaan gaya bahasa dan aspek ilustrasi. Penilaian terhadap produk dikategorikan sesuai atau layak dengan penilaian rata-rata sebesar 87 oleh alhli media, sedangkan 83 oleh ahli materi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media pembelajaran, Proses Pembentukan Hànzì汉字, serta Pop-up Book.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:34
Last Modified: 02 Nov 2020 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40765

Actions (login required)

View Item View Item