PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS RA KARTINI KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL
Tarindra Puspa Wijayanti, 1401416285 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS RA KARTINI KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS RA KARTINI KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (14MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah hal yang penting bagi kemajuan kehidupan manusia. Tanpa adanya pendidikan seseorang tidak akan dapat mengembangkan kemampuan dan pemikiran yang mereka miliki. Guru menjadi komponen penting dalam memajukan pendidikan dan didukung kemampuan seorang guru untuk mengelola kelas dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar disebut juga sebagai kemampuan yang diperoleh siswa setelah pengalaman belajarnya yang dinyatakan dalam bentuk skor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kompetensi pedagogik dan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar kelas V SDN Se-Gugus RA Kartini Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Se-Gugus RA Kartini Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal yang berjumlah 317 siswa. Sampel penelitian sebanyak 177 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik probabilty sampling dengan jenis simple random sampling. Tipe penelitian ini adalah ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawanncara tidak terstruktur yang digunakan sebagai studi pendahuluan, angket digunakan untuk mengumpulkan data, dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif secara langsung dan tidak langsung variabel kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar siswa melalui pengelolaan kelas sebagai variabel intervening. Hasil analisis jalur (1) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar 0,599 atau 59%; (2) pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar thitung > ttabel (14,546 > 11,974); (3) Ada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar baik secara langsung maupun melalui pengelolaan kelas. Hal ini terlihat dari besarnya pengaruh langsung yaitu sebesar 0,5607. Sedangkan pengaruh tidak langsung sebesar 0,1951 dan total effect kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar melalui pengelolaan kelas yaitu 0,3656 atau 36,56%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh secara langsung maupun tidak langsung variabel kompetensi pedagogik dan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar, dengan pengelolaan kelas sebagai variabel intervening. Saran bagi guru, diharapkan dapat mengembangkan dan menggunakan teknologi yang ada guna mendukung proses pembelajaran dan melakukan pendekatan kepada siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pedagogik; pengelolaan kelas; hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 07:26 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 07:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40711 |
Actions (login required)
View Item |