PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN LABA, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING


SISKA PUJI LESTARI, 7211416154 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN LABA, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 7211416154.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Laba merupakan indikator penting bagi perusahaan maupun pengguna informasi keuangan. Kualitas laba yang rendah tidak dapat menunjukkan informasi yang sebenarnya mengenai kinerja manajemen perusahaan pada periode tersebut, sehingga dapat menyesatkan pengguna informasi keuangan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, pertumbuhan laba, leverage dan likuiditas terhadap kualitas laba dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan didapatkan 107 unit analisis. Alat uji yang digunakan adalah Model Regresi Moderasi (Moderated Regression Analysis) dengan bantuan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage dan likuiditas berpengaruh positif terhadap kualitas laba. Sementara profitabilitas dan pertumbuhan laba tidak berpengaruh terhadap kualitas laba. Selain itu ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage dan likuiditas namun tidak mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan laba terhadap kualitas laba. Simpulan dari penelitian ini bahwa leverage dan likuiditas berpengaruh positif terhadap kualitas laba. Ukuran perusahaan mampu memperlemah pengaruh profitabilitas, leverage dan likuiditas terhadap kualitas laba. Saran untuk penelitian selanjutnya menambah variabel independen lain yang lebih memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kualitas laba seperti presistensi laba dan Investment Opportunity Set (IOS), menggunakan pengukuran yang berbeda pada variabel yang digunakan, dan menambah periode pengamatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Pertumbuhan Laba, Leverage, Likuiditas, Kualitas Laba, Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Oct 2020 07:08
Last Modified: 27 Oct 2020 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40708

Actions (login required)

View Item View Item