KEEFEKTIFAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN KALIMAT UTAMA SISWA KELAS IV SDN GUGUS SARWENDO KABUPATEN PATI
Wiwit Anggita Sari, 1401416281 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN KALIMAT UTAMA SISWA KELAS IV SDN GUGUS SARWENDO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN KALIMAT UTAMA SISWA KELAS IV SDN GUGUS SARWENDO KABUPATEN PATI)
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian yang dilaksanakan di SDN Gugus Sarwendo Kabupaten Pati, diperoleh beberapa permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia diantaranya adalah menentukan kalimat utama. Salah satu faktor penyebabnya yaitu kurangnya pemahaman guru dalam menggunakan model pembelajaran yang inovatif dalam menentukan kalimat utama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan menentukan kalimat utama dan mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Gugus Sarwendo dalam belajar menentukan kalimat utama menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental design dengan bentuk Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Sarwendo Kabupaten Pati dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tambaharjo 01 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV SDN Payang 03 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas selanjutnya analisis data akhir menggunakan uji t-test dan uji n-gain. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih besar dibandingkan ttabel (4,365> 2,0025) yang berarti model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) efektif dalam kemampuan menentukan kalimat utama. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,46 dengan kategori sedang sedangkan kelas kontrol 0,19 dengan kategori rendah. Kelas eksperimen memperoleh rata – rata aktivitas siswa sebesar 79,73% sedangkan kelas kontrol memperoleh persentase rata – rata aktivitas siswa sebesar 55,67%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) efektif terhadap kemampuan menentukan kalimat utama siswa kelas IV SDN Gugus Sarwendo Kabupaten Pati dan aktivitas siswa terhadap menentukan kalimat utama menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) selama empat kali pembelajaran meningkat. Saran untuk penelitian ini yaitu guru perlu menerapkan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) sebagai salah satu model pembelajaran inovatif dalam menentukan kalimat utama.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), kalimat utama |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 07:17 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 07:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40706 |
Actions (login required)
View Item |