PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS IV SD SE-DABIN I KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL


Qristalia Putri Gayo Arillo, 1401416279 (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS IV SD SE-DABIN I KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS IV SD SE-DABIN I KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS IV SD SE-DABIN I KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar yang telah diperoleh setelah mengikuti pendidikan. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kecerdasan emosional dan motivasi. Siswa yang mempunyai kecerdasan emosional yang baik akan memengaruhi hasil belajar yang diperoleh. Begitu pula siswa yang mempunyai motivasi tinggi akan memengaruhi hasil belajar yang tinggi juga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD se-Dabin I Kecamatan Margadana Kota Tegal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri se-Dabin I Kecamatan Margadana Kota Tegal berjumlah 263 siswa dengan sampel penelitian sejumlah 159 siswa. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, linearitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas serta analisis akhir yang teridiri dari analisis korelasi sederhana, regresi sederhana. PPKn thitung > ttabel (4,343 > 1,975), berarti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh motivasi terhadap hasil belajar PPKn thitung > ttabel (5,134 > 1,975), berarti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi terhadap hasil belajar PPKn secara bersama-sama diperoleh Fhitung > Ftabel (18,549 > 3,054), berarti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis hubungan kecerdasan emosional dan motivasi rhitung > rtabel (0,438 > 0,192), berarti H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar PPKn; kecerdasan emosional; motivasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:56
Last Modified: 27 Oct 2020 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40700

Actions (login required)

View Item View Item