KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TEKANAN ZAT


Ervita Anindia, 4001416001 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TEKANAN ZAT. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4001416001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dan Keterampilan Proses Sains (KPS) yang masih rendah khususnya pada materi fisika diantaranya disebabkan kurangnya variasi model pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasi ulang konsep yang sama dalam beberapa format yang berbeda-beda (Multiple Representation). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran flipped classroom berbasis multiple representastion untuk meningkatkan hasil belajar dan KPS peserta didik pada materi tekanan zat. Desain penelitian yang digunakan yaitu classical experimental design. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dari populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Data hasil belajar diambil menggunakan metode tes, sedangkan KPS menggunakan metode tes dan observasi . Uji pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbasis multiple representation menggunakan analisis product moment menunjukkan adanya perbedaan. N-gain atau peningkatan hasil belajar dan KPS yaitu 0,44 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji beda dengan paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berbasis multiple representastion efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan KPS peserta didik pada materi tekanan zat, namun tidak terdapat perbedaan ratarata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom, hasil belajar, keterampilan proses sains, multiple representation.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:46
Last Modified: 27 Oct 2020 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40697

Actions (login required)

View Item View Item