HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ORANG TUA (PARENT INVOLVEMENT) DENGAN KETAATAN BERAGAMA DI SEKOLAH BERBASIS ASRAMA PADA SISWA SMP IT SE-WILAYAH GUNUNGPATI SEMARANG SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020


Ratna Kusumaningtyas, 1301415022 (2020) HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ORANG TUA (PARENT INVOLVEMENT) DENGAN KETAATAN BERAGAMA DI SEKOLAH BERBASIS ASRAMA PADA SISWA SMP IT SE-WILAYAH GUNUNGPATI SEMARANG SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1301415022.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan orang tua (parent involvement) dengan ketaatan beragama di sekolah berbasis asrama pada siswa SMP IT se-Wilayah Gunungpati Semarang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling dan proportionate stratified random sampling dengan jumlah 251 siswa dari total 859 siswa yang tersebar di seluruh kelas VII, VIII dan IX. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologis keterlibatan keluarga dan skala psikologis ketaatan beragama. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan ketaatan beragama memiliki rata-rata kriteria sangat tinggi dengan persentase sebesar 61,4%, tingkat keterlibatan keluarga memiliki rata-rata kriteria tinggi dengan persentase sebesar 75,3%, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlibatan keluarga (family involvement) dengan ketaatan beragama di sekolah berbasis asrama pada siswa SMP IT se-wilayah Gunungpati Semarang dengan (r=0.46, p=0.00). Sehubungan dengan hasil penelitian yang didapatkan, guru Bimbingan dan Konseling dapat memberikan layanan konseling agama, bimbingan kelompok, bimbingan klasikal, serta psikoedukasi kepada siswa dalam upaya meningkatkan ketaatan beragama pada siswa. Selain itu, sekolah lebih bekerja sama dengan orang tua siswa dalam pendidikan siswa di rumah serta dapat mengadakan workshop parenting, sehingga adanya kesinambungan antara pendidikan di sekolah dan di keluarga terutama dalam penanaman dan pengaplikasian nilai-nilai keagaman pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orang tua; ketaatan beragama; sekolah berbasis asrama
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:36
Last Modified: 27 Oct 2020 06:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40691

Actions (login required)

View Item View Item