ANALISIS KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI TERKAIT DENGAN PROGRAM SERTIFIKASI DAN SUPERVISI DI KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG


IRAWAN HADI SAPUTRA, 0602516002 (2019) ANALISIS KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI TERKAIT DENGAN PROGRAM SERTIFIKASI DAN SUPERVISI DI KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI TERKAIT DENGAN PROGRAM SERTIFIKASI DAN SUPERVISI DI KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG]
Preview
PDF (ANALISIS KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI TERKAIT DENGAN PROGRAM SERTIFIKASI DAN SUPERVISI DI KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Saputra, Irawan Hadi. 2019. “Analisis Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Terkait Dengan Program Sertifikasi dan Supervisi Di Kecamatan Tenggarong Seberang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Jasmani, Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Eurike Raffy Rustiana, M.Si, Psi, Pembimbing II Dr. Rumini S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Sertifikasi, Supervisi, Kinerja Guru. Sertifikasi guru merupakan salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan kulitas dan profesionalisme seorang guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Selain itu kegiatan supervisi mampu mewujudkan fungsinya sebagai proses peningkatan kualitas guru melalui kegiatan yang menekankan kepada realisasi diri, pertumbuhan diri, dan pengembangan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan kinerja guru pendidikan jasmani yang memiliki sertifikasi dan supervisi di Kecamatan Tenggarong Seberang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pengamatan dan dokumen. Latar penelitian meliputi guru pendidikan jasmani bersertifikassi di Kecamatan Tenggarong Seberang. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru penjasorkes bersertifikasi. Hasil penelitian pada lima sekolah dan enam guru olahraga bersertifikasi dan lima kepala sekolah, ditemukan tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru penjas. Dari kelima sekolah tersebut, kekuranangan dalam kedisplinan dalam pengajaran, kurang bervariasi dalam metode pembelajaran serta faktor usia dan penyakit yang mempengaruhi kinerja guru penjas. Penelitian ini merekomendasikan bahwa, untuk meningkatkan kinerja guru, pemeritah harus meregulasi kebijakan guru penjas terkait usia dan kesehatan sebagai penunjang guru. Serta ketegasan kepala sekolah dalam mengatur guru yang dipimpinnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sertifikasi, Supervisi, Kinerja Guru.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:52
Last Modified: 27 Oct 2020 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40690

Actions (login required)

View Item View Item