PENGEMBANGAN SENAM TONGKAT UNTUK MATERI PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK PADA PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR


Fauzul Mubin, 0602514049 (2018) PENGEMBANGAN SENAM TONGKAT UNTUK MATERI PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK PADA PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN SENAM TONGKAT UNTUK MATERI PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK PADA PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN SENAM TONGKAT UNTUK MATERI PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK PADA PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR) - Submitted Version
Download (770kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Fauzul Mubin, 2018. Pengembangan Senam Tongkat Untuk Materi Pembelajaran Aktivitas Ritmik Pada Penjasorkes di Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : I. Prof. Dr. Soegiyanto, KS. MS II. Dr. Sulaiman, M.Pd Kata Kunci : Pengembangan, Senam Tongkat, Penjasorkes. Dalam proses pembelajaran Penjasorkes siswa SD senam tongkat merupakan salah satu materi aktivitas ritmik menggunakan alat yang diajarkan untuk kelas V. Dengan harapan menambah keragaman materi Penjasorkes yang selama ini masih terbatas. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan model senam tongkat yang disesuaikan dengan karakteristik anak sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur penelitian pengembangan yang digunakan meliputi; analisa produk awal, validasi ahli, ujicoba lapangan yang meliputi uji kelompok kecil dan uji kelompok besar, revisi produk, dan hasil akhir produk pengembangan. Selanjutnya instrumen yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menggunakan : (1) data pengambilan obsevasi psikomotor (2) pengambilan respon kognitif dan afektif dari siswa menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentatif. Hasil penelitian ini adalah suatu produk model senam tongkat yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Berdasarkan uji kelompok kecil pengamatan dan respon yang diberikan 30 siswa terhadap aspek psikomotor yang termasuk kategori sempurna 10 % kategori baik 83,4% baik serta 6,6 % cukup baik. Untuk aspek afektif yang termasuk kategori sangat menyukai 23,3 % kategori menyukai 76,7%. Untuk aspek Kognitif yang termasuk kategori sangat memahami 53,3 % kategori memahami 46,7%. Berdasarkan uji kelompok besar dari pengamatan dan respon yang diberikan 104 siswa terhadap aspek psikomotor yang termasuk kategori sempurna 34,6 % kategori baik 58,4% baik serta 6,6 % cukup baik. Untuk aspek afektif yang termasuk kategori sangat menyukai 45,2 % kategori menyukai 54,8%. Untuk aspek Kognitif yang termasuk kategori sangat memahami 67,3 % kategori memahami 32,7%. Jadi hasil data tersebut uji coba lapangan terhadap produk, penggunaan produk model senam tongkat bagi siswa dapat meningkatkan kemampuan psikomotor, afektif serta kognitif pada aktvitas ritmik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ; (1) Peneliti telah melakukan pengembangan senam tongkat yang sesuai sebagai media pembelajaran Penjasorkes untuk siswa SD dan dapat dilaksanakan di semua sekolah dasar dengan fasilitas yang minimal (2) Model pengembangan melakukan pengembangan senam tongkat efektif untuk membuat siswa bergerak secara aktif, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan psikomotorik, afektif dan kognitif siswa pada uji coba skala kecil dan uji coba lapangan. (3) Model pengembangan senam tongkat dapat diterima oleh siswa dan guru Penjasorkes, hal ini dapat dilihat dari keikutsertaan siswa dalam penelitian dan berbagai saran yang diberikan demi sempurnanya pengembangan senam ritmik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan, Senam Tongkat, Penjasorkes.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Physical Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:40
Last Modified: 27 Oct 2020 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40687

Actions (login required)

View Item View Item