HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SOSIAL DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS


Muhammad Zaim Rosyadi, 1401416270 (2020) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SOSIAL DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SOSIAL DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SOSIAL DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan sosial dan keaktifan siswa merupakan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Individu yang mempunyai kecerdasan sosial dan keaktifan siswa yang rendah, akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Semakin tinggi kecerdasan sosial dan keaktifan siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menguji hubungan antara kecerdasan sosial dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus; (2) menguji hubungan antara keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus; (3) menguji hubungan antara kecerdasan sosial dan keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu 121 siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sebelum melakukan analisa data, dilakukan uji persyaratan yang terdiri uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisa data dengan analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan sosial dengan hasil belajar IPS dengan rhitung = 0,609 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 37,09%; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS dengan rhitung = 0,630 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 36,69%; (3) ada hubungan positif antara kecedasan sosial dan keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS dengan rhitung = 0,689 (kategori kuat) dan Fhitung = 53,349 serta berkontribusi sebesar 47,50%. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan sosial dan keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Saran bagi guru dan sekolah hendaknya dapat meningkatkan dan membangkitkan kecerdasan sosial dan keaktifan siswa dengan berpacu pada indikator memecahkan soal yang kompleks dan memanfaatkan sumber belajar yang ada sehingga dapat meningkatkan perolehan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, keaktifan siswa, kecerdasan sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:42
Last Modified: 27 Oct 2020 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40686

Actions (login required)

View Item View Item